Senin, 16 Juli 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Pesona Air Terjun Gedad di Gunungkidul yang Artistik

Rabu, 28 Mar 2018 | 17:06 WIB Dibaca: 360 Pengunjung

Air Terjun Gedad.*

[NEWSmedia] - Kawasan Gunungkidul kini mulai menarik perhatian wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta. Pasalnya di sana terdapat banyak sekali objek wisata alam yang indah. Masyarakat setempat bersama pemerintah daerah juga terus berupaya memunculkan objek wisata baru termasuk Air Terjun Gedad.

Objek wisata yang biasa disebut ATG itu terletak di Dusun Gedad, Desa Banyusoco, Playen. Konon air terjun tersebut ditemukan oleh Kyai Abu Dardak. Di atas air terjun juga terdapat pesantren yang didirikan oleh kyai tersebut. Sedangkan untuk pengelolaan diurus oleh karang taruna setempat.

Ya, objek wisata ini memang baru dibuka dua tahun lalu atas inisiatif para pemuda. Mereka mengelola segala aspek, mulai dari papan penunjuk arah, kebersihan, hingga tarif masuk air terjun. Wisatawan yang datang berkunjung hanya perlu membayar kurang lebih Rp5 ribu. Murah bukan?

Untuk menuju air terjun, wisatawan perlu berjalan kaki kurang lebih 50 meter dari tempat parkiran yang berlokasi di rumah warga. Sepanjang perjalanan wisatawan akan melihat pepohonan rindang yang menambah kesejukan suasana. Ada pula pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Sehingga wisatawan tidak perlu merasa khawatir akan kehausan maupun kelaparan.

Sesampainya di air terjun, wisatawan akan disuguhkan pemandangan air mengalir setinggi kira-kira 15 meter. Keindahan tak hanya sebatas itu saja. Dinding air terjun yang terbuat dari batuan kapur saling bertumpuk. Hal itu membuat air yang mengaliri dinding terlihat seperti berpencaran dan berbuih sehingga menambah kesan artistik. Belum lagi dinding air terjun yang cukup lebar semakin menampilkan pemandangan yang menawan.

Di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup luas. Wisatawan sering memanfaatkannya untuk sekadar bermain air, namun ada juga yang sampai berenang. Sementara bagi pencinta fotografi, aliran air terjun merupakan objek yang bagus untuk di foto. Untuk wisatawan kekinian, pihak pengelola juga menyediakan dek khusus di depan air terjun yang bisa digunakan untuk mengambil gambar yang spotnya Instagramable.  [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pesona Air Terjun Gedad di Gunungkidul yang Artistik

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top