Minggu, 22 Oktober 2017 |
News Room

Perusahaan Asing di Banten Pasang Bendera Merah Putih Bertuliskan Aksara Cina

Rabu, 25 Jan 2017 | 20:38 WIB Dibaca: 10463 Pengunjung

Bendera merah putih bertuliskan nama perusahaan dan aksara Cina yang dipasang di PT Kenda Rubber Indonesia.*

SERANG, [NEWSmedia] - Polemik tentang penghinaan dan lambang negara bukan hanya terjadi di nasional. Di Kabupaten Serang, Banten, perusahaan milik asing bernama PT Kenda Rubber Indonesia dioncog warga dan aparat pemerintah setempat karena mengibarkan bendera merah putih berisi tulisan dengan aksara Cina.

PT Kenda Rubber Indonesia yang berlokasi di Desa Kareo, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang ini adalah perusahaan yang dikelola oleh warga negara Taiwan. Perusahaan ini mengibarkan bendera merah putih bertuliskan aksara Cina, sehingga dianggap sebagai tindakan penghinaan terhadap lambang negara.

“Kami meminta agar perusahaan yang jelas-jelas telah menghina dan melecehkan lambang negara ditindak tegas, dan hal ini akan kami laporkan ke pihak kepolisian,” kata Usman, salah seorang perwakilan warga yang mendatangi pabrik tersebut, Rabu (25/1/2017).

Selain warga yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), aparatur pemerintah kecamatan setempat beserta kepala desa juga ikut mendatangi perusahaan tersebut. Mereka memprotes PT Kenda Rubber Indonesia yang diduga sengaja menuliskan nama Kenda di warna merah dan tulisan aksara Cina di warna putih bendera Indonesia.

Pada saat mendatangi perusahaan tersebut, unsur muspika sempat bersitegang dengan pihak keamanan perusahaan yang berupaya menghalangi. Namun akhirnya muspika dapat masuk dan diterima manajemen.

Dalam pertemuan itu, manajemen PT Kenda Rubber Indonesia diminta agar menurunkan bendera merah putih yang memuat tulisan aksara Cina tersebut.

Siti Rodiah, perwakilan manajemen PT Kenda Rubber Indonesia mengatakan, pemasangan bendera tersebut atas perintah atasannya. Menurutnya, tidak ada niat untuk melecehkan lambang Negara. “Saya tidak tahu jika itu termasuk dalam pelecehan lambang Negara. Atas itu, kami selaku perusahaan meminta maaf, dan janji tidak akan memasang bendera itu lagi," katanya.

Informasinya, bendera yang memuat tulisan aksara Cina tersebut dikibarkan di tiang depan gerbang perusahaan sejak 7 Januari 2017. Sementara saat ini Direktur PT Kendar Rubber Indonesia, Mr. Tseng Sheng Tun sedang berada di Taiwan. [firman]

Penulis: Firman Arief
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Perusahaan Asing di Banten Pasang Bendera Merah Putih Bertuliskan Aksara Cina
Top