Jumat, 16 November 2018 |
News Room - Pemerintahan

Permintaan Bupati Serang Terkait Revitalisasi Kalimati Pontang Direspons Presiden

Senin, 12 Mar 2018 | 18:11 WIB Dibaca: 349 Pengunjung

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat meninjau Sungai Kalimati di Kecamatan Pontang, Oktober 2017 lalu. (Foto: Ist)

SERANG, [NEWSmedia] - Keinginan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah agar pemerintah pusat merevitalisasi Sungai Kalimati di Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang akan segera terwujud. Bahkan permintaan tersebut langsung direspons Presiden Joko Widodo.

"Respons Presiden ini tentu kabar bahagia dan kebanggaan bagi kami Pemerintah Kabupaten Serang. Terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada Bapak Presiden," kata Tatu di Pendopo Bupati Serang, Senin (12/3/2018).

Diresponsnya pengajuan Pemerintah Kabupaten Serang untuk merevitalisasi Sungai Kalimati di Pontang, ditunjukkan dengan rencana kedatangan Presiden Jokowi pada Rabu (14/3/2018) mendatang. Jokowi akan mampir meninjau ke Sungai Kalimati, sambal melaksanakan agenda kerjanya meresmikan Asrama Pondok Pesantren An-Nawawi dan pendirian Bank Wakaf Mikro An-Nawawi di Kecamatan Tanara.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang sudah meninjau Sungai Kalimati di Kecamatan Pontang pada awal Oktober 2017, mengatakan kondisi sungai tersebut dipenuhi dengan tanaman eceng gondok dan aliran air tidak berfungsi maksimal, sehingga jika musim hujan sungai tersebut kerap meluap dan menyebabkan banjir.

Tatu mengatakan, Sungai Kalimati Pontang harus direvitalisasi. Menurutnya, sungai tersebut berpotensi sebagai sumber air baku, bahkan bisa menjadi tujuan wisata air, apabila ditata dengan baik.

Oleh karena itu, saat pengajuan revitalisasi, Pemkab Serang juga telah menyampaikan kepada Balai Besar Sungai Ciujung Cidanau Cidurian serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar membangun juga wisata air di sekitar Sungai Kalimati. Adapun untuk desainnya, diserahkan kepada pihak balai besar.

“Komunikasi dengan pihak Balai Besar kami lakukan dengan intens agar direalisasikan. Dan pihak kementerian sangat antusias dan merespons dengan baik,” ujar Tatu.

“Jika selesai direvitalisasi, persoalan kekeringan atau minimnya air baku di wilayah Pontang, Tirtayasa, dan Tanara akan terselesaikan. Bahkan jika terwujud menjadi daerah wisata air, kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” tuturnya. [nur]

Penulis: Amrin Nur
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Permintaan Bupati Serang Terkait Revitalisasi Kalimati Pontang Direspons Presiden

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top