Minggu, 25 Februari 2018 |
News Room - Pariwisata

Permasalahan di Pantai Anyer: Dari Akses Hingga Tingginya Biaya Masuk 

Kamis, 15 Feb 2018 | 14:31 WIB Dibaca: 109 Pengunjung

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah.*

SERANG, [NEWSmedia] - Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menyebutkan, kawasan wisata Pantai Anyer bukan lagi menjadi alternatif pilihan dari pantai-pantai yang ada di Indonesia, sebab menurutnya, semua daerah di Indonesia, saat ini sedang berusaha untuk meningkatkan seluruh sektor kepariwisataan.

Hal itu terjadi, menurut Tatu, akses untuk masuk ke kawasan pantai Anyer sudah tertutup dengan hotel-hotel yang berjejer di sepanjang pantai tersebut, bahkan, retribusi masuknya pun cukup mahal.

"Sebetulnya, akses antara hotel ke hotel itu harus ada untuk masyarakat masuk, masa harus lewat loby hotel, mungkin bisa dilarang atau kena charge, padahal sebetulnya, pantai itu bukan milik hotel tapi milik masyarakat," kata Tatu di Pendopo Bupati Serang, Rabu (14/2/2018).

Ia mengaku, pihaknya akan menyampaikan hal tersebut kepada pihak hotel agar membuat akses jalan untuk masyarakat yang ingin menikmati keindahan pantai Anyer, bahkan menurutnya, jika pihak hotel tidak melakukan hal itu, dirinya akan membuat aturan untuk dijadikan sebagai payung hukum yang akan mengatur hal tersebut.

"Ini agak aneh, di zaman Jawa Barat dulu, Anyer diblok total oleh bangun, dimiliki oleh orang-perorangan, hotel seharusnya diberi izin di seberang jalan, jadi pantai bisa dinikmati semua orang, Anyer ini tragis, masyarakat Kabupaten Serang punya pantai panjang tapi mau ke pantai yang bagus tidak bisa," terangnya.

Politisi Golkar itu juga menyoroti soal tingginya biaya masuk pantai, menurutnya, ia telah menugaskan kepada Kepala Dinas Pariwisata untuk menertibkan hal tersebut, bahkan jika perlu dibuatkan aturan, dirinya siap membuat aturan itu.

"Ini harus ditata, saya sudah tugaskan Dispar untuk menertibkan itu dan kalau dibutuhkan ada peraturan yang lebih mengikat, kita akan keluarkan aturannya supaya jelas, mereka selaku pengelola harus tau hak dan kewajibannya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Permasalahan di Pantai Anyer: Dari Akses Hingga Tingginya Biaya Masuk 
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top