Jumat, 04 Desember 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Permainan Sensori Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah

Sabtu, 24 Des 2016 | 09:03 WIB Dibaca: 1013 Pengunjung

anak bermain.*

JAKARTA, [NEWSmedia] – Permainan sensori sangat bermanfaat bagi anak. Kemampuan sensori merupakan kemampuan dasar yang menjadi fondasi dari tumbuh kembang.

Terapis okupasi yang juga pemimpin Pelangi Resource Center Abdul Gofar mengatakan, jika diibaratkan rumah anak-anak yang memiliki kemampuan sensori yang baik akan memiliki "pondasi rumah" yang kuat. "Anak-anak yang mampu mengukur diri, menyelesaikan masalah, itu karena sensorinya bagus," kata Gofar saat berbicara di workshop parenting dengan judul "Sensor Play untuk Tumbuh Kembang Anak" di Sekolah Kirana. 

Berikut beberapa permainan sensori sederhana yang dapat dilakukan di rumah:

Bermain tepung hunkwe

Caranya sederhana, masukkan tepung hunkwe di dalam wadah atau baskom. Lalu beri air dan aduk hingga rata. Setelahnya biarkan anak bermain. Beri dua buah gelas. Biarkan anak merasakan teksturnya, atau bermain dengan memindah-mindahkannya cairan hunkwe dengan gelas.

Di sini anak belajar koordinasi tangan, kontrol motorik, berpikir matematik dan lainnya. 

Belajar eksplorasi

Taruh berbagai benda dari kebun atau lingkungan, seperti batu, batang, daun, buah, bunga dan lainnya ke dalam satu wadah. Lalu biarkan anak mengklasifikasikan benda-benda tersebut ke dalam wadah kecil lainnya. Misalnya memisahkan batu dengan batu, daun dengan daun, dan lainnya.

Ini akan membantu mengembangkan koordinasi mata anak, mengajarkan pengkategorian benda, serta mengajarkan soal persepsi.

Bermain dengan makaroni atau jagung kering

Sediakan makaroni atau jagung kering ke dalam sebuah wadah. Sediakan sekop atau sendok atau centong untuk menyendok makaroni atau jagung tadi. Biarkan anak bermain dengan temannya. 

Permainan sederhana ini akan mengasah saraf motorik halus anak, koordinasi tangan dan mata, dan saat bermain bersama teman ia akan belajar berbagi serta interaksi.

Bermain kancing warna-warni

Sediakan beragam bentuk dan warna kancing dalam satu wadah besar. Siapkan beberapa wadah kecil. Biarkan anak memilah kancing baik berdasarkan warna maupun bentuknya.

Ini akan mengajarkan anak kemampuan mengkoordinasikan sesuatu. Membantunya belajar warna dan bentuk.

Bermain sarung

Siapkan sarung yang diikat ujungnya. Lalu biarkan anak masuk ke dalamnya dan berimajinasi atau berjalan ke tempat tertentu. Ini bisa dilakukan bersama orang tua.

Permainan sederhana ini tanpa disangka bermanfaat untuk mengembangkan daya imajinasi anak. Ini juga bisa merangsang kemampuan anak untuk merasakan lingkungannya.

"Permainan yang satu ini bisa membantu anak bisa lebih peka pada lingkungan, hal yang saat ini sudah sangat jarang ditemui di anak-anak sekarang," ujar Gofar. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Permainan Sensori Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top