Minggu, 17 Januari 2021 |
News Room

Perkuat Keragaman, Kemenag Minta Pemuka Agama di Banten Manfaatkan IT

Rabu, 25 Sept 2019 | 14:24 WIB Dibaca: 633 Pengunjung

Rapat Koordinasi dan Konsultasi Antar Umat Beragama dengan Pemerintah di Aula Kanwil Kemenag Banten, Rabu (25/9/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Banten A. Bazari Syam meminta kepada para pemuka agama di Wilayah Banten agar bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memperkuat keragaman.

Menurutnya, Banten sebagai salah satu daerah yang sangat terkenal dengan nilai-nilai toleransinya, harus tetap terjaga keragamannya meski perkembangan teknologi informasi tak bisa dibendung lagi.

"Teknologi juga penting, karena kehadirannya tidak bisa ditolak, tapi bagaiman para tokoh agama mampu membimbing anak milenial menggunakan IT dengan baik dan itu perlu waktu dan cara kalau tokoh agama mampu melakukan itu, IT akan memperkuat keragaman dan kebangsaan kita," kata Bazari Syam setelah Rapat Koordinasi dan Konsultasi antar Umat Beragama dengan Pemerintah di Aula Kanwil Kemenag, Rabu (25/9/2019).

Ia juga meminta para semua tokoh agama agar mampu memperkuat jati diri keagamaannya, sebab menurutnya pendidikan agama yang baik akan menjadi kunci utama dalam menjaga keharmonisan.

"Tidak ada satu agamapun yang mengajarkan disharmoni, semua agama inginnya rukun, endingnya apapun agamanya 100 persen NKRI," jelasnya.

Sementara Ketua MUI Banten, AM. Romly menilai, sejauh ini di Wilayah Banten tidak ada konflik horizontal yang terjadi antar umat beragama, namun demikian dirinya tetap meminimalisir potensi konflik yang akan bergejolak di Banten.

"Potensi tetap ada, kalau kerukunan tidak dipelihara, maka konflik akan mencuat, mudah-mudahan kalau tidak ada yang ngomporin, yang lain tidak terjadi hal yang secara budaya orang Banten ini sangat toleran, nilai-nilai ini yang kita kembangkan oleh tokoh agama," tuturnya.

Di tempat yang sama Danrem 064/ MY, Kolonel Inf. Windiyatno mengajak kepada seluruh pemuka agama di Banten untuk membangun pendidikan akhakul melalui agama masing-masing dengan baik.

"Karena saya yakin agama adalah pondasi dasar, tempat berpijak untuk semua hal. Saya juga yakin kalau ahlak sesorang bagus tidak akan ada korupsi, kolusi dan nepotisme, tidak ada narkoba dan kriminal," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Warga Tutup Akses Jalan Cibayawak
Jumat, 15 Jan 2021 | 14:14 WIB
Warga Tutup Akses Jalan Cibayawak
Patroli Gabungan oleh PPKM Kodim 0601/ Pandeglang
Kamis, 14 Jan 2021 | 13:13 WIB
Patroli Gabungan oleh PPKM Kodim 0601/ Pandeglang
KNKT Duga Sriwijaya Air Tak Meledak di Udara
Selasa, 12 Jan 2021 | 15:11 WIB
KNKT Duga Sriwijaya Air Tak Meledak di Udara

KOMENTAR

Perkuat Keragaman, Kemenag Minta Pemuka Agama di Banten Manfaatkan IT
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top