Rabu, 19 Desember 2018 |
News Room

Perhatikan, Ini Titik Macet Arus Mudik Lebaran

Selasa, 12 Jun 2018 | 07:02 WIB Dibaca: 258 Pengunjung

Kepadatan kendaraan yang menuju Gerbang Tol Cikarang.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) di ruas Tol Jakarta-Cikampek tetap akan menjadi titik pusat kemacetan saat arus pergi mudik Lebaran 2018.

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Hindro Surahmat meyakini itu lantaran para pemudik yang datang dari arah barat di Jakarta dan sekitarnya pasti akan melewati pintu tol itu sebelum terpecah ke beberapa jalur lainnya.

"GT Cikarang Utama ini pasti kan semua pada lewat situ, sehingga mau enggak mau, pasti padat di sana. Sementara kalau sudah melewati itu ke arah timur nantinya bakal terurai. Ada beberapa yang lanjut ke Tol Cikopo, ada juga yang memilih keluar ke jalan arteri," paparnya di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Seperti diketahui, GT Cikarut ini merupakan salah satu pintu tol besar di ujung jalan Tol Jakarta-Cikampek sebelum ruasnya terpecah ke tiga jalur. Adapun di ujung Tol Cikampek, pemudik dapat memilih untuk lanjut berkendara di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), ataupun keluar ke arah jalan arteri menuju Pamanukan, Kabupaten Subang.

Lebih lanjut Hindro bilang semakin ke arah timur, arus kepadatan mudik akan semakin terpecah. Namun begitu, dia mencermati, ada beberapa jalur yang masih rawan terjadi kemacetan karena masih dalam tahap penyelesaian pembangunan.

"Feeling saya semakin ke timur itu enggak padat. Hanya kemungkinan seperti di Jembatan Kali Kuta dan Kali Kenteng itu macet soalnya masih ada pengerjaan," ucap dia.

"Terus di luar jalan tol itu ada perlintasan kereta api di Simpang Mengkreng (Kabupaten Kediri, Jawa Timur). Di sana memang sudah ada tol (Tol Wilangan-Kertosono), tapi masih fungsional," pungkas Hindro. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Perhatikan, Ini Titik Macet Arus Mudik Lebaran
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top