Selasa, 14 Juli 2020 |
News Room - News Adv

Perekaman e-KTP di Banten Ditarget Selesai Awal Tahun 2018

Rabu, 08 Nov 2017 | 15:57 WIB Dibaca: 881 Pengunjung

Kepala DP3AKKB Provinsi Banten, Siti Ma'ani Nina pada acara Rapat Koordinasi di Le Dian Hotel, Kota Serang, Rabu (08/11/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] – Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten menargetkan perekaman KTP Elektronik (e-KTP) akan selesai sebelum penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019.

Kepala DP3AKKB Provinsi Banten, Siti Ma'ani Nina mengatakan, dengan koordinasi yang baik antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/ kota, pihaknya optimistis perekaman bisa selesai pada awal tahun 2018.

“Kita Targetkan pada tahun 2017 ini selesai (perekaman). Tapikan masih ada waktu tahun 2018, pada semester pertama dapat selesai,” kata Nina pada acara Rapat Koordinasi di Le Dian Hotel, Kota Serang, Rabu (08/11/2017).

Nina menjelaskan, dari total penduduk Banten sebanyak 10.382.590 jiwa, sebanyak 7.549.281 merupakan masyarakat wajib melakukan perekaman e-KTP. Dan sebanyak  213.264 warga di Provinsi Banten dinyatakan belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau 2,82 persen dari total warga Banten yang sudah wajib memiliki kartu identitas tersebut.

“Berarti sekitar 2,82 persen lagi yang belum melakukan perekaman,” sebut Nina

Nina mengungkapkan, untuk mencapai target tersebut, pihaknya dan pemerintah kabupaten kota telah berkomitmen untuk melakukan pelayanan hingga daerah-daerah pelosok dan daerah perbatasan yang sulit dijangkau.

"Delapan kabupaten/ kota sudah komitmen bahwa proses pembuatan KTP tidak dipungut biaya sama sekali. Gratis sepanjang prosedurnya dilakukan dengan benar," tandasnya.

Nina juga memastikan, ketersedian tinta dan blanko KTP elektronik akan dijamin oleh Kemendagri bagi KTP yang siap cetak.

“Soal blangko dan tinta, pemerintah pusat untuk yang sudah siap cetak akan siap,” jelasnya.

Suasana

Rapat Koordinasi dalam rangka perekaman KTP Elektronim, di Hotel Le Dian, Kota Serang, Rabu (08/11/2017).

Sementara itu, Asda I Provinsi Banten Anwar Mas’ud mengatakan, Pemprov Banten dan Pemerintah kabupaten/ kota harus bisa memetakan masalah-masalah yang menyebabkan masih adanya warga yang belum melakukan perekaman dan membuat target penyelesaian dengan cara dan inovasi yang baru.

“Konteks rapat ini adalah perekaman, saya fokus pada pemetaan masalah dalam proses perekaman,” ujarnya.

Menurut Anwar, yang harus diantisipasi adalah pelaksanaan Pileg dan Pilpres pada tahun 2019. Menurutnya, jika terlambat mendapatkan e-KTP, akan saling tuding pada hari pelaksanaan dua pesta demokrasi tersebut.

“Harus bergerak dari sekarang, mungkin salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu melakukan perekaman di tempat-tempat public atau jemput bola, karena mungkin jika di tempat publik masyarakat yang punya kesibukan, baik secara sadar atau tidak, akan melakukan perekaman,” pungkasnya. [adv]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Perekaman e-KTP di Banten Ditarget Selesai Awal Tahun 2018

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top