Sabtu, 05 Desember 2020 |
News Room - Ekonomi

Perbanyak Populasi Kerbau di Pandeglang, Ini Rencana Mentan

Kamis, 30 Mar 2017 | 07:01 WIB Dibaca: 1000 Pengunjung

Peternak kerbau.*

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam kunjungan kerjanya ke Desa Kadujangkung, Kecamatan Mekarjaya, Pandeglang, menyaksikan proses inseminasi buatan (IB) atau suntik sperma kepada induk kerbau. Hal ini masuk dalam program Upsus Siwab atau upaya khusus sapi indukan wajib bunting.

"Ini kan potensi kerbau di sini, nah kita kembangkan kerbau. Itu kita kembangkan, biasanya IB sapi tapi ini budaya masyarakat sini kerbau," ujar Amran, di Pandeglang, Banten, Rabu (29/3/2017).

Salah satu tantangan masyarakat di Pandeglang, pemilik kerbaunya banyak yang khawatir kerbaunya diberi suntikan sperma ke indukan. Hal itu karena belum banyak yang mengetahui manfaat IB untuk pengembangbiakan populasi kerbau dan sapi, Amran menyebut nanti akan ditambah edukasi ke pemilik kerbau yang ada.

"Kita ajarkan mereka, edukasi mereka," ujar Amran.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten Kementan, Muchamad Yusron mengatakan saat ini pemerintah melakukan pendekatan dan sosialisasi ke petani terkait hal tersebut. Serta mengimbau petani merawat sapinya agar sehat supaya berhasil ketika diberi inseminasi buatan.

"Tenaga teknis sapi yang terbiasa, ada yang takut kerbaunya di obok-obok terutama di daerah Banten Selatan jadi perlu pendekatan sosialisasi," kata Yusron.

"Kita melakukan pendekatan, sosialisasi ke petani dengan memperbaiki kesehatan sapi. Jadi keberhasilan IB sangat ditentukan kalau sehat nanti jadi, sehingga harus diperbaiki kondisi sapi atau kerbaunya kalau sudah bagus nanti dilakukan IB," imbuh Yusron.

Ia mengatakan, tingkat keberhasilan IB di Pandeglang sekitar 1,5 hingga 2 kali suntikan baru berhasil. Hal itu karena saat ini masih dalam tahap pengenalan tim teknis.

"Banten secara keseluruhan tingkat keberhasilannya antara 1,5 kali sampai 2 kali IB baru bunting karena di sini baru perkenalan teknik IB," kata Yusron.

Ia mengatakan kerbau yang diberikan suntikan IB dalam kunjungan Amran ada 20 ekor dari 100 ekor yang disiapkan. Sperma kerbau yang disuntikan berasal dari lokal.

Yusron mengatakan, sejak Maret hingga 28 Maret 2017 terdapat 285 ekor baik sapi dan kerbau yang diberi IB, yang mengalami kebuntingan 287 ekor dan 69 ekor yang lahir. [dtf]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Perbanyak Populasi Kerbau di Pandeglang, Ini Rencana Mentan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top