Sabtu, 07 Desember 2019 |
News Room - Kesehatan

Perawat di Kota Serang Diberi Workshop Triage Pertolongan Gawat Darurat

Sabtu, 23 Nov 2019 | 17:53 WIB Dibaca: 125 Pengunjung

Workshop Teknik Tariage di Kota Serang, Sabtu (23/11/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Persatuan Perawat Nasional Indonesia Dewan Pengurus Komisariat (PPNI DPK) RSUD Banten Menggelar Workshop Teknik Triage atau Pemilahan Pasien di Aula Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Banten, Kota Serang, Sabtu (23/11/2019).

Triage adalah sistem seleksi pasien yang datang berobat ke Instalasi gawat darurat dalam keadaan sehari-hari dan atau dalam keadaan bencana.

"Tujuan triage adalah memilah dan menilai pasien agar mendapatkan pertolongan medik secara cepat dan tepat sesuai dengan prioritas kategori kegawatdaruratannya dan sesuai dengan penyakitnya," kata Ketua Panitia Burhan Devi Yusmichad.

Ia menilai, kegiatan triage sangat diperlukan dalam pelayanan gawat darurat sebab menurutnya, instalasi Gawat Darurat sebagai pusat pelayanan kesehatan yang melayani selama 24 jam, harus berfungsi untuk melayani kesehatan pada pasien yang bersifat gawat dan darurat untuk menghindari penyakit yang lebih parah dan dapat mengancam jiwa pasien.

"Sehingga kita bisa memilah dan memprioritaskan pasien pasien mana saja yang mesti didahulukan untuk diberikan pertolongan,” tegasnya.

Sementara itu Divisi Hubungan Luar DPD PPNI Kota Serang, Lukman Fajar Haris berharap perawat di Kota Serang mendapatkan perhatian lebih untuk kesejahteraan sesuai dengan ketetapan Gubernur Banten, meskipun masih banyak yang diluar dugaan.

“Harapanya tentu saja perawat kedepannya semakin profesional, peningkatan UMK dan segala macam bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah, atau mendapat atensi dari pemerintah," kata Lukman.

Masih ditempat yang sama, Lukman menegaskan memang masih adanya ketimpangan kesejahteraan tenaga medis khususnya perawat.

“Memang kemarin juga sudah mendengar seperti itu cuman untuk implementasinya, di luar instansi pemerintah itu yang perlu ditegaskan kembali gitu, seperti yang perawat-perawat yang di klinik klinik, itukan belum mengikuti, harapannya bukan hanya diterapkan di instansi pemerintah ya jadi di klinik klinik yang memang disitu ada perawat yah menerapkan juga sistem upah yang sama dengan yang diatur oleh gubernur,” pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Perawat di Kota Serang Diberi Workshop Triage Pertolongan Gawat Darurat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top