Senin, 25 Juni 2018 |
News Room - Peristiwa

Penyelundupan Hewan di Bandara Soetta Berhasil Digagalkan Petugas Karantina

Selasa, 08 Agt 2017 | 19:14 WIB Dibaca: 375 Pengunjung

Petugas Karantina Bandara Soetta menunjukkan burung yang akan diselundupkan, Senin (7/8/2017)

TANGERANG, [NEWSmedia] - Petugas Karantina Bandara Soetta berhasil menggagalkan dua usaha penyelundupan paket berisi ular dan burung, yang tidak dilengkapi dengan dokumen resmi dari karantina.

Penangkapan berawal dari patroli rutin petugas di terminal kargo pada Senin (7/8/2017) siang sekitar pukul 12.00 WIB, petugas Karantina Soetta mendapat informasi dari pihak kantor pos kargo bahwa ada satu paket dari luar negeri yang mencurigakan. Mereka pun bersama-sama memeriksa isi paket itu. 

Ternyata, di dalamnya tersimpan seekor ular yang disamarkan dalam tumpukan makanan ringan. Tidak ada dokumen karantina dari negara asal yang menyertainya. Dari daftar manifes diketahui paket itu berasal dari Hong Kong. Saat ini, ular tersebut ditempatkan di Instalasi Karantina Hewan.

Menjelang sore hari, sekitar pukul 16.30 WIB saat melakukan pengawasan di terminal internasional, petugas Karantina Soetta kembali menggagalkan usaha penyelundupan 72 ekor burung yang rencananya akan diterbangkan ke Bahrain dengan pesawat Emirates. 

Seorang WNA mencoba menyelundupkan burung-burung tersebut dalam puluhan pipa kecil yang dikemas rapi dalam sebuah koper. Satu pipa bisa berisi satu hingga tiga ekor burung. Burung-burung tersebut terdiri dari kutilang 57 ekor, cucak delapan ekor, kacer dua ekor, jalak tiga ekor, towet satu ekor dan murai batu satu ekor.

Melalui koordinasi dengan pihak Avsec dan Bea Cukai, penyelundupan ini berhasil digagalkan. Kesigapan petugas karantina yang sedang bertugas di terminal dinilai merupakan kunci dari penggagalan penyelundupan ini. 

Setelah itu dilakukan proses serah terima dari pihak Avsec ke pihak Karantina Soetta. Semua burung itu kemudian ditempatkan di Instalasi Karantina Hewan. Semua barang bukti dan identitas pelaku juga telah disimpan dan menunggu untuk proses selanjutnya. [Rep]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Penyelundupan Hewan di Bandara Soetta Berhasil Digagalkan Petugas Karantina
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top