Minggu, 09 Agustus 2020 |
News Room - Politik

Penyelenggaraan Pemilu di Banten Butuh Partisipasi Publik

Minggu, 11 Mar 2018 | 11:28 WIB Dibaca: 479 Pengunjung

Ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemuda Muhammadiyah Banten menyebutkan, proses penyelenggaraan Pemilu di Banten membutuhkam partispasi dari seluruh elemen masyarakat.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Sekertaris Pemuda Muhamadiyah Banten, Suparta Kurniawan usai ditemui acara diskusi tentang Demokrasi dan Kepemiluan di Kebon Kubil, Cipocok Jaya, Kota Serang, Sabtu (10/3/2018).

"Proses pemilu tidak akan berjalan sukses tanpa adanya partisipasi dari masyarakat. Dalam hal ini pemuda Muhammadiyah memberikan edukasi politik bahwa memilih itu penting, tentu dengan hati nurani," kata Suparta.

Sementara itu, Koordinator Nasional Lembaga pemantau Pemilu, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sunanto, mengatakan,   partisipasi politik itu menjadi sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh publik atau masyarakat.

"Karena proses itu bagian dari mengcounter kedaulatan pemilih, karena proses kedaulatan itu ada di tangan rakyat," ungkapnya.

Dalam proses demokrasi ada banyak hal yang harus di control sementara penyelenggara pemilu, diterangkan Sunanto,  memiliki SDM yang terbatas hanya tiga di kecamatan satu di tingkat desa kalau tidak di bantu oleh masyarakat maka pasti kewalahan

"Untuk memastikan proses itu berjalan benar itu harus dilakukan oleh publik, peran publik itu menjadi sangat penting untuk mengcounter apakah ada permainan misalkan antara penyelenggara dengan peserta pemilu atau sebaliknya," ucapnya mengakhiri.

Di tempat yang sama, Komisioner Bawaslu Banten, Ali Faisal menuturkan, Pemilu 2019 merupakan Pemilu pertama yang menggabungkan antara Pileg dan pilpres, dengan demikian, ia meminta kepada masyarakat lebih proaktif dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu tersebut.

"Secara umum seperti pada umumnya, kita dari sisi pengawasan lebih insentif meningkatkan pengawasan, kita kalau dr sisi kelembagaan punya panwaslu Snape kelurahan desa dan penhawas TPS, nanti bisa berharap keterlibatan masyarakat," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Penyelenggaraan Pemilu di Banten Butuh Partisipasi Publik
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top