Jumat, 03 Juli 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Penyebab Mata Sembab Pas Bangun Pagi, Segera Cek Kesehatanmu

Sabtu, 11 Mar 2017 | 09:30 WIB Dibaca: 1075 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Sudah tidur cukup tapi pas bangun kok mata jadi agak sembab, ya? Malam sebelumnya pun nggak nangis tapi kenapa pas bangun mata jadi kelihatan agak bengkak? Ladies, pernahkah kamu mengalami hal tersebut? 

Umumnya penyebab mata sembab adalah karena retensi cairan atau edema ringan yang masih tergolong normal dan nggak berbahaya. Tapi ternyata ada alasan lain yang jadi penyebab mata bengkak pas bangun di pagi hari. Seperti empat penyebab berikut ini yang berkaitan dengan kondisi kesehatan tubuhmu.

Kelebihan Konsumsi Garam
Seperti yang dilansir oleh Medical News Today, kebanyakan konsumsi garam bisa menyebabkan edema atau pembengkakan dalam tubuh. Kalau tubuh kelebihan garam dan kekurangan cairan, maka tubuh akan mengondisikan diri agar terhindar dari dehidrasi, akibatnya mata jadi sembab. Makanan olahan dan aneka makanan instan biasanya mengandung sodium atau garam yang tinggi. Kalau kita menyadari konsumsi garam kita berlebihan, imbangi dengan banyak-banyak minum air putih.

Kekurangan Protein
Menurut Harvard Medical School, kurangnya protein di darah yang bisa disebabkan oleh malnutrisi, dan penyakit ginjal dan hati bisa menyebabkan pembengkakan di tumbuh. Hal ini terjadi karena rendahnya albumin di dalam darah kita. Padahal tugas albumin adalah untuk mengatasi kelebihan cairan dalam tubuh. 

Fungsi Ginjal Tak Berjalan dengan Baik
Mata sembab atau bengkak saat bangun di pagi hari bisa jadi tanda penyakit ginjal. Bagaimana bisa? Menurut Medical News Today, penyebabnya bisa jadi karena ginjal tak bisa menghilangkan kandungan sodium dalam darah dengan baik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebanyakan sodium bisa menyebabkan edema. Ginjal yang tak berfungsi dengan baik seperti menghilangkan albumin juga bisa jadi penyebab penumpukan cairan dan menyebabkan mata sembab.

Kebanyakan Konsumsi Karbohidrat
Kalau bangun tidur, mata sembab, coba cek apakah sebelumnya kamu kebanyakan mengonsumsi karbohidrat? Sebuah penelitian untuk National Institute of Health menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi bisa menyebabkan sekresi insulin dan retensi sodium berlebihan. Semakin banyak sodium yang ada di dalam tubuh, semakin banyak penumpukan cairan di dalamnya.  [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Bassist Maroon 5 Mickey Madden Ditangkap Polisi
Kamis, 02 Jul 2020 | 12:36 WIB
Bassist Maroon 5 Mickey Madden Ditangkap Polisi
Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja
Senin, 29 Jun 2020 | 09:35 WIB
Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja
Limbad dan Benazir Endang Resmi Cerai
Sabtu, 27 Jun 2020 | 11:40 WIB
Limbad dan Benazir Endang Resmi Cerai

KOMENTAR

Penyebab Mata Sembab Pas Bangun Pagi, Segera Cek Kesehatanmu

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top