Minggu, 05 Juli 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Penyakit yang Bisa Dihindari Ibu Menyusui dan Bayinya

Sabtu, 19 Agt 2017 | 00:01 WIB Dibaca: 579 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Memberikan air susu ibu (ASI) tidak hanya memberikan manfaat bagi bayi saja. Ibunya pun mendapatkan kebaikan dari perannya untuk menyusui anaknya. Dalam ASI terkandung beragam nutrisi yang diperlukan bayi dengan kadar yang tepat. Oleh sebab itu, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan cenderung memiliki fisik yang sehat tanpa perlu diberikan makanan pendamping.

Manfaat ASI bagi bayi sangat beragam, bayi yang mendapatkan ASI secara kontinyu berpeluang terhindar dari risiko infeksi saluran napas bawah hingga 72 persen. Infeksi ini dapat memicu bronchitis, bronkiolitis, hingga pneumonia. Bayi juga akan terlindungi dari infeksi gastroentestital sampai 64 persen, infeksi telinga akut 50 persen, dan dermatitis atropik 42 persen.

Di samping itu, ASI ikut berperan menurunkan risiko sudden infant death syndrome dari 36-50 persen. Sindrom ini sangat membahayakan karena bayi dapat mengalami kematian mendadak. Umumnya sindrom tersebut dialami bayi dengan usia di bawah satu tahun.

Bagi ibu menyusui pun ada banyak penyakit yang menurun risikonya. Misalnya risiko kanker payudara akan menurun dari 28 sampai 50 persen. Risiko jantung koroner menurun hingga 37 persen, kanker ovarium 21 persen, dan diabetes mellitus 4,12 persen.

Banyaknya manfaat menyusui ini tidak bisa digantikan dengan meminumkan susu formula pada bayi. Sekalipun produk susu bayi diklaim telah diperkaya dengan nutrisi penting, namun kehebatan ASI masih jauh lebih unggul. Selain itu ada kebaikan psikologis bagi ibu dan anak selama proses menyusui dilakukan. [sdm]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Penyakit yang Bisa Dihindari Ibu Menyusui dan Bayinya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top