Minggu, 07 Maret 2021 |
News Room - Ekonomi

Penuhi 2 Syarat Ini, RI Bisa Kuasai Pasar Ekspor Ikan Dunia

Jumat, 17 Feb 2017 | 07:02 WIB Dibaca: 835 Pengunjung

Ilustrasi

[NEWSmedia] - Produk ekspor perikanan Indonesia berpotensi menguasai pasar global. Agar bisa terwujud, maka harus mengikuti sejumlah persyaratan.

Pertama, traceability atau bisa ditelusuri asal muasal ikan. Syarat ini juga untuk mencegah pasokan ikan hasil illegal fishing (pemberantasan ikan).

"Jadi harapan kita untuk nelayan kecil bisa melaporkan asal tangkapannya dari mana, ini yang kita inginkan. Tuntutan pasar itu jelas, yaitu traceability (ketertelusuran)," ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Nilanto Perbowo, di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Kedua, mutu produksi, melalui penguatan sistem rantai dingin yang akan memberikan jaminan mutu bagi produk-produk yang perishable (mudah rusak) lebih baik penanganannya.

"Sehingga ikan yang ditangkap oleh nelayan bisa dikelola dengan baik sehingga layak masuk industri. Ini memang butuh waktu, tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan," kata Nilanto.

Hal ini yang mendorong KKP bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk, Amerika Serikat, agar produk perikanan Indonesia bisa tembus ke pasar internasional.

"Caranya tentu bagaimana mengelola mutunya dulu. Yang kedua tentang asal usul ikan atau traceability (ketertelusuran). Asal ikan ini penting. Ini juga kita kenalkan ke nelayan," tutur Nilanto.

"Jadi ke depan sebetulnya ikan-ikan di Indonesia sangat besar peluangnya bisa menguasai pasar ikan dunia kalau semua unit pengelolaan ikan kita betul-betul bisa mengupgrade. Semua negara sudah melakukan hal itu. Kelebihan kita adalah bahan baku yang melimpah," pungkasnya. [Dtf]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Penuhi 2 Syarat Ini, RI Bisa Kuasai Pasar Ekspor Ikan Dunia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top