Kamis, 21 Juni 2018 |
News Room - Hukum

Penipu Berkedok Penyalur Tenaga Kerja Diamankan di Polsek Cikande

Kamis, 01 Des 2016 | 19:50 WIB Dibaca: 1515 Pengunjung

Mulya (38), tersangka penipuan kepada pencari kerja dimintai keterangan di Polsek Cikande, Kamis (1/12/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Kepolisian Sektor Cikande, Kabupaten Serang menangkap seorang pria yang diduga sebagai pelaku penipuan kepada para pencari kerja. Tersangka mengaku sebagai HRD sebuah jasa penyalur tenaga kerja untuk seluruh industri di wilayah Cikande, Kabupaten Serang.

Tersangka yang bernama Mulya (38) ditangkap setelah polisi mendapat laporan dari para korban. Kini tersangka sudah diamankan di Polsek Cikande.

Wakapolsek Cikande, AKP Ate Waryadi mengatakan, tersangka meminta uang kepada warga untuk bisa bekerja di perusahaan di wilayah Cikande.

"Jadi setelah bayar uang jaminan, para korban diberikan ID karyawan perusahaan industri di kawasan Cikande. Paling banyak adalah Nikomas dan PWI," kata Ate kepada wartawan, Kamis (1/12/2016).

Tersangka ditangkap saat sedang di luar rumah. Polisi pun langsung melakukan penggeledahan di rumah tersangka.

"Saat kami geledah rumahnya, banyak sekali kami temukan barang bukti handphone dan uang jutaan rupiah hasil penipuan. Pelaku bersama barang bukti langsung kami bawa untuk proses penyidikan lebih lanjut," ujar wakapolsek.

Setiap korban dijanjikan bisa bekerja di pabrik dengan syarat menyetor uang administrasi untuk jaminan masuk kerja.

Polisi mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya jika ingin masuk kerja, tetapi diminta uang.

"Perhatikan baik-baik lowongan dari perusahaan yang akan dilamar, teliti dan ikuti prosedur sebagaimana mestinya," ujar Ate.

Sementara itu, tersangka mengaku baru satu tahun melakukan aksi tersebut. Mulya terpaksa berbuat seperti itu karena butuh uang. Ia juga mengaku pernah menjadi korban penipuan oleh calo penyalur tenaga kerja.

"Alasan saya melakukan penipuan ini karena kebutuhan dan desakan ekonomi," kata Mulya.

Ia mengungkapkan, sasaran korbannya adalah orang-orang yang baru dikenal yang sedang mencari kerja.

"Saya janjikan korban pekerjaan dan saya berpura-pura sebagai HRD perusahaan penyalur tenaga kerja. Tapi syaratnya harus bayar dari kisaran Rp1 juta hingga 4 juta rupiah per orangnya," terangnya.

Perbuatan tersangka melanggar Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Penipuan dan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dan atau Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan Dokumen dengan ancaman hukuman penjara maksimal enam tahun penjara. [Firman]

Penulis: Firman Arief
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Penipu Berkedok Penyalur Tenaga Kerja Diamankan di Polsek Cikande
paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top