Minggu, 25 Februari 2018 |
News Room - Politik - Banten Memilih

Pengurus Wilayah NU Banten Menyatakan Netral di Pilkada Banten

Jumat, 30 Des 2016 | 17:09 WIB Dibaca: 1075 Pengunjung

Lambang organisasi Nahdlatul Ulama (NU).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Banten menegaskan sikap politiknya pada pelaksanaan Pilkada Banten 2017. Organisasi kaum nahdliyin itu menyatakan tidak berafilitasi kepada salah satu pasangan calon alias netral.

Ketua PWNU Banten, Soleh Hidayat megatakan, secara organisasi, PWNU tidak berafiliasi kepada salah satu pasangan calon yang maju pada Pilkada Banten 2017. Soal pilihan, pihaknya menyerahkan masing-masing kepada warga NU di Banten.

“Kalau secara organisasi, kami tegaskan, kami tidak memberikan dukungan kepada salah satu paslon. Kami menyerahkan kepada jamaah warga NU yang secara cerdas bisa menentukan pilihannya,” kata Soleh saat ditemui di Kampus Untirta, Kamis (29/12/2016).

Soleh yang merupakan Rektor Untirta ini kemudian memberikan bocoran apabila ada pasangan calon yang ingin dipilih oleh warga NU, yakni calon yang sejalan dan bisa bersinergi dengan program-program NU.

“Yang jelas, ketika terpilih harus sejalan dengan NU dan kita sudah sepakat untuk menyerahkan pilihan kepada umat. Biarkan para calon yang melakukan pendekatan atau meyakinkan kepada jamaah NU di Banten untuk menjadi pilihannya,” terangnya.

Terkait kedatangan calon Gubernur Banten Rano Karno bertemu pengurus PWNU Banten termasuk mengadakan acara dengan poros NU, kata Soleh, hal tersebut bukan sebagai bentuk keberpihakan dan kepastian bahwa PWNU Banten memberikan dukungan kepada calon petahana.

“Rano ke PWNU itu, terus terang saya diberitahu mendadak. Tapi prinsipnya, kalau secara prosedural, siapapun yang mau datang ke PWNU akan kami terima. Apakah Pak Rano atau Pak WH, untuk berdiskusi, tapi kami tidak kemudian mengeluarkan statement dukungan. Pilihan diserahkan kepada jamaah,” tuturnya.

Untuk diketahui, calon Gubernur Banten Rano Karno pada masa kampanye tatap muka, 4 Desember 2016 pernah mengunjungi Kantor PWNU Banten bertemu dengan pengurus.

Berita terkait: Rano Karno Minta Didukung Ulama dan Warga NU

Kemudian pada 14 Desember 2016, Rano Karno bersama dengan pasangannya di Pilkada Banten, Embay Mulya Syarief kembali menghadiri acara penandatanganan pakta integritas anti-korupsi yang dilakukan Poros Muda NU. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pengurus Wilayah NU Banten Menyatakan Netral di Pilkada Banten

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top