Sabtu, 24 Agustus 2019 |
News Room - Pendidikan

Pengumuman Hasil PPDB Online Tingkat SMA/SMK di Banten Ditunda

Minggu, 30 Jun 2019 | 08:29 WIB Dibaca: 347 Pengunjung

Ilustrasi. [net]*

SERANG, [NEWSmedia] - Pengumuman hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK di Provinsi Banten mendadak ditunda sampai batas waktu yang akan ditetapkan oleh Panitia PPDB Provinsi Banten.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, E Kosasih mengatakan, pihaknya menunda pengumuman tersebut lantaran belum lapor ke Gubernur Banten, Wahidin Halim.

"Alasannya ditunda yaitu saya belum lapor. Pak Sekda dan saya belum lapor ke Gubernur, enggak ada apa-apa, enggak ada alasan teknis," kata Kosasih melalui sambungan telepon, Sabtu (29/6/2019).

Ia mengatakan, sebagai staf gubernur, dirinya dan juga Sekretaris Daerah Banten, Al Muktabar, harus melaporkan prihal pengumuman tersebut ke gubernur. Namun pada hari pengumuman, gubernur belum bisa ditemui.

"Kebetulan beliau ada halangan," kata dia.

Menurut Kosasih, penundaan pengumuman tersebut tidak menggangu proses PPDB dan waktu belajar calon siswa. Namun menurutnya, jika tidak ada halangan, pengumuman sudah bisa dilakukan pada Minggu (30/6/2019) sore. 

"Tidak ada yang dirugikan hanya menunggu saja, waktu masih panjang. Kita tidak mengganggu, nanti pada saatnya anak sudah belajar ya pasti belajar," kata dia.

Semestinya pengumuman PPDB SMA/SMK di Provinsi Banten dilakukan serentak pada Sabtu 29 Juni 2019.

Namun, pengumuman ditunda setelah terbit surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi Banten kepada pihak sekolah.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Kosasih tersebut, berisi perintah untuk mengundurkan waktu pengumuman hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

Tidak dijelaskan secara spesifik alasan mengapa ditunda. Disebutkan hanya masih adanya proses penyelesaian secara teknis. 

Salah satu sekolah yang mendapat surat edaran ini adalah SMAN 3 Rangkasbitung. Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Sakeh, surat diterima sekitar pukul 14.00 WIB melalui email.

Padahal saat itu, tinggal menunggu sekitar tiga jam lagi untuk pengumuman yang dijadwalkan pukul 17.00 WIB melalui website sekolah maupun ditempel manual di sekolah. 

"Sebetulnya sudah siap dipublikasikan, hanya karena mengikuti aturan perintah provinsi atomatis kami tidak berani menyampaikan itu. Kami masih menunggu tapi begitu oke langsung diumumkan, karena kami sudah siap pada dasarnya," kata Sakeh. [kompas]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pengumuman Hasil PPDB Online Tingkat SMA/SMK di Banten Ditunda
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top