Selasa, 18 Desember 2018 |
News Room

Penggunaan Aspal Plastik di Tol Tangerang-Merak Dikaji Ulang

Kamis, 22 Feb 2018 | 14:21 WIB Dibaca: 306 Pengunjung

Proses ujicoba penggunaan aspal dari limbah plastik di TIP KM 43 Tol Tangerang-Merak tahun 2017. (Foto: Ist).*

JAKARTA, [NEWSmedia] - PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola jalan Tol Tangerang-Merak masih mengkaji ulang terkait dengan penggunaan aspal dari limbah plastik di ruas jalan tol tersebut.

Direktur Teknik dan Operasi PT MMS, Sunarto Sastrowiyoto mengatakan, meski pihaknya telah melakukan uji coba penerapan aspal plastik di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 43 Tol Tangerang-Merak pada tahun 2017, namun hasilnya belum maksimal.

"Hasilnya ada beberapa kekurangan, misal pemanasannya kurang larut atau mungkin ada hal lain yang digunakan agar aspal plastik lebih cair, jadi peluru ditindaklanjuti lagi," kata Sunarto saat kegiatan Meet & Greet Journalist 2018 di Gedung Astra Internasional, Jakarta (22/2/2018).

Ia menuturkan, aspal dari limbah plastik digunakan, sebab menurutnya hal tersebut dapat mengurangi dampak negatif dari sampah yang menjadi permasalahan di lingkungan masyarakat.

"Mau kita ingin mencoba, karena penggunaan aspal plastik ini cukup menarik karena berkaitan dengan masalah lingkungan dan plastik yang kita pakai adalah yang paling engga bisa didaur ulang, yaitu plastik kresek," terangnya.

Untuk diketahui, pada uji coba yang dilakukan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) KM 43 Arah Merak Ruas Tol Tangerang-Merak, PT MMS melakukan pengaspalan sepanjang 100 m dengan lebar 15 m dan ketebalan perkerasan 5 cm.

Jalan TIP KM 43 Ruas Tol Tangerang-Merak tersebut, diaplikasikan menggunakan 150 ton aspal bersama campuran limbah plastik sebanyak 6 persen dari total aspal tersebut atau sebanyak 600 kg limbah plastik yang didatangkan dari Bandung. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Penggunaan Aspal Plastik di Tol Tangerang-Merak Dikaji Ulang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top