Sabtu, 25 November 2017 |
News Room

Pengguna ‘e-Toll’ di Tangerang-Merak Baru 20 Persen

Senin, 04 Sept 2017 | 16:17 WIB Dibaca: 406 Pengunjung

Transaksi di gerbang tol Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, Senin (4/9/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pencanangan gerakan non tunai oleh pemerintah yang akan diberlakukan serentak pada Oktober 2017, belum menunjukkan peningkatan signifikan. Salah satunya terlihat dari transaksi non-tunai di ruas Tol Tangerang-Merak.

Pihak PT Marga Mandala Sakti (MMS) yang kini mengganti brand name menjadi Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, mengungkapkan, sampai akhir Agustus, pengguna layanan e-toll (pembayaran non tunai) di ruas tol Tangerang-Merak belum mengalami peningkatan signifikan.

Hal tersebut bisa dilihat dari transaksi di tol Tangerang-Merak setiap hari, yakni baru 20 persen pengendara yang menggunakan pembayaran non tunai, dari total 150 ribu sampai 200 ribu kendaraan per hari.

“Kita selaku pengelola tol, sampai saat ini masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat, salah satunya dengan mengingatkan kepada para pengendara dan juga (dengan cara) adanya penjual e-toll di setiap gerbang toll," kata Presiden Direktur Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak, Wiwiek D Santoso saat acara Journalist Goes to Toll Road Program ‘Astra Infra Toll Road Bis’ di SD Negeri 1 Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Senin (4/9/3017).

Wiwiek mengungkapkan, gerakan non tunai yang dicanangkan oleh pemerintah mulai Oktober nanti akan berlaku di seluruh layanan tol di Indonesia. Transaksi pembayaran melalui sistem non tunai tersebut, kata dia, mampu mengurangi kemacetan antrean di gerbang tol karena lebih hemat waktu.

“Kemacetan di gerbang mestinya berkurang banyak ya, karena transaksi non tunai itu kan kurang dari 4-5 detik. Tapi kalau dia bayar tunai, harus kembalian, ini bisa 12 detik dan seterusnya,” ujarnya.

Gerbang Khusus Isi Ulang

Untuk mendukung penggunaan layanan e-toll dan mempermudah masyarakat, Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak akan membuat satu gerbang khusus untuk top up atau isi ulang e-Toll Card. Loket untuk isi ulang e-Toll Card juga akan disiapkan di setiap rest area sepanjang ruas Tol Tangerang-Merak.

“Pihak Bank penyedia kartu uang elektronik yakni BRI, BNI, BCA, Mandiri dan BTN sebenarnya sudah bekerjasama dengan beberapa mini market, namun kita juga akan menyiapakan satu gerbang tol khusus top up untuk mengisi kartu e-toll nya,” kata Wiwiek.

Pada bagian lain, Wiwiek juga mengungkapkan saat ini pihaknya masih kekurangan mesin e-toll. Setiap gerbang tol di ruas Tangerang-Merak saat ini baru memiliki paling banyak tiga unit mesin e-toll.

“Kami masih kekurangan untuk mesin e-toll nya, lantaran mesin tersebut disediakan oleh pihak Bank sendiri. Jadi kalau sekarang masih dibantu oleh operator pintu tol di setiap gerbang tol,” ujarnya. [firman]

Penulis: Firman Arief
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Sabtu, 25 Nov 2017 | 07:02 WIB
HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram
Jumat, 24 Nov 2017 | 07:03 WIB
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram

KOMENTAR

Pengguna ‘e-Toll’ di Tangerang-Merak Baru 20 Persen
Top