Sabtu, 17 November 2018 |
News Room

Pengangguran di Banten Tinggi, ICMI Bantu Cari Solusi

Jumat, 09 Nov 2018 | 19:07 WIB Dibaca: 216 Pengunjung

Ketua ICMI Provinsi Banten, Lili Romli.*

SERANG, [NEWSmedia] - Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi Banten, Lili Romli mengungkapkan, pihaknya tidak akan tinggal diam melihat angka pengangguran di Banten tertinggi se-Indonesia.

Bahkan, pihaknya akan menggandeng lembaga Skill Development Center (SDC) yang concern terhadap masalah pengangguran dan hasil kajiannya akan diserahkan kepada pemerintah daerah.

"Masalah pengangguran ini bukan untuk diperdebatkan, tapi harus dipecahkan. Karena dampak dari pengangguran ini kemiskinan dan berujung ke kriminal," kata Lili di Kota Serang, Jumat (9/11/2018).

Lili menjelaskan, pihaknya akan turut andil dalam memetakan persoalan tersebut, apakah pengangguran berawal dari pemerintah, industri atau tenaga kerjanya.

"Kami akan gerak cepat supaya pemda juga membuat kebijakan, apa program-programnya untuk mengatasi masalah pengangguran," jelasnya.

Ia menuturkan, pemerintah Provinsi Banten, dalam hal ini Gubernur Banten Wahidin Halim agar bisa mengumpulkan para bupati dan wali kota untuk menyampaikan identifikasi masalah pengangguran di masing-masing daerah.

"Rumuskan langkah konkret untuk mengatasi pengangguran. Yang punya pengangguran siapa? Pemetaannya dari kabupaten/kota, karena kewenangan tenaga kerja ada di kabupaten/kota. Selanjutnya, apa yang tidak bisa ditangani kabupaten kota, dibantu oleh provinsi," ujar Peneliti senior Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI).

Lili mengungkapkan, dari tingkat pengangguran terbuka (TPT) Provinsi Banten yang mencapai angka 8,52 persen, harus diidentifikasi dari masing-masing daerah yang menyumbang tingkat pengangguran tersebut.

"Identifikasi masalahnya kita ambil dari masing-masing kabupaten/kota, kenapa pengangguran di daerah A tinggi dan bagaimana program setiap daerah dalam mengatasi penggangguran. Dari identifikasi itu kemudian dicari solusinya," pungkasnya. [rls]

Editor: Ahmad Hifni
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pengangguran di Banten Tinggi, ICMI Bantu Cari Solusi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top