Minggu, 13 Juni 2021 |
News Room - Politik - Pilkada Kota Serang 2018

Pengamat Menilai Balon Wali Kota Serang Berpeluang Sama 

Selasa, 04 Jul 2017 | 19:29 WIB Dibaca: 876 Pengunjung

Pengamat Politik, Agus Sutisna.*

SERANG, [NEWSmedia] - Bakal calon Wali Kota yang akan bersaing dalam perhelatan Pilkada Kota Serang 2018, dimata pengamat politik, belum ada yang menonjol. Peluang semua calon dianggap sama dan merata, sehingga persaingan akan ketat.

"Termasuk istrinya inkamben (Vera Nurlaila Jaman), karena inkamben hampir seperti pendatang barulah," kata pengamat politik Banten, Agus Sutisna, saat dihubungi NEWSmedia, Selasa, (4/7/2017).

Agus menganggap sosok Vera tidak cukup populer, sehingga ia menilai Vera peluangnya masih sama dengan calon yang lainnya. "Saya kira rata-rata masih sama," tuturnya.

Namun Agus melihat, Vera sudah cukup menguasai Golkar sebagai partai yang sangat besar, sehingga Vera dianggap kedepan cukup potensial, akan tetapi PKS (Partai Keadilan Sejahtera) dianggap sebagai penyeimbang sosok calon dari partai pohon beringin tersebut.

"Kita tahulah, Golkar punya pengalaman, punya mesin partai dan uang yang lumayan banyak. Tetapi saya melihat PKS ada Najib Hamas bisa menjadi potensi yang cukup bagus menurut hemat saya," kata Agus.

"Yang saya tahu juga PKS kan partai yang mempunyai kader militan," sambungnya.

Selain itu, Dosen FISIP UMT Tangerang ini juga melihat sosok seperti Wahyudin Djahidi yang dianggap sebagai salah satu balon yang memiliki modal cukup besar namun belum secara penuh menyita perhatian publik karena sosoknya dianggap seperti pendatang baru.

"Yang saya tahu, dia sosok yang punya modal, yang kita tahu juga modal sebagai salah satu faktor penentu, tetapi kelemahannya dia belum cukup populer," ujarnya.

Agus belum cukup yakin kalau Wahyudin akan menjadi pilihan yang terbaik, karena pengalamannya yang belum cukup mumpuni di dunia perpolitikan, berbeda dengan sosok politisi senior lainnya yang ikut dalam kontestasi Pilkada Kota Serang.

"Beliau kan pengusaha, beda dengan Najib dan Vera misal, yang tahu suaminya pernah jadi Wali Kota, setidaknya dia tahu," terangnya.

Sementara, ada sosok Komisioner KI Pusat, Yhannu Setyawan sebagai balon yang dianggap komitmen  terhadap kedaerahan, namun publik akan melihat Yhannu bukan asli orang Serang, salah satunya. Terlebih jika nanti pesaingnya akan menggunakan issue bukan 'Putra Daerah' akan mudah menyerang sosok seperti dirinya yang bukan asli Serang.

"Publik akan sensitif dengan itu karena sekarang sedang musim  'Putra Daerah' kan yah, kecuali dirinya bisa meyakinkan publik, soal komitmen kedaerhan Yhannu. Saya percaya secara pribadi komitmen kedaerahan Yhannu bagus, secara umum bagi dirinya belum ada sosok yang unggul dari balon lainnya," tutupnya. [Vredo]

Penulis: Vredo Putra
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pengamat Menilai Balon Wali Kota Serang Berpeluang Sama 
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top