Kamis, 15 November 2018 |
News Gallery - Newstainment

'Pengabdi Setan' Jadi Primadona, Ini Deretan Film Horor Indonesia 2017

Selasa, 02 Jan 2018 | 19:01 WIB Dibaca: 547 Pengunjung

Poster Film.*

[NEWSmedia] - Sepanjang 2017, geliat industri perfilman di Tanah Air menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Para sineas Indonesia juga semakin mengeksplore kemampuan mereka dalam mengembangkan cerita, akting, hingga menghadirkan visual yang memukau di layar. 

Berbicara mengenai dunia perfilman, tahun ini boleh dikatakan genre horor yang mendominasi. Meski drama dan komedi juga menghiasi layar lebar, tetapi kali ini berbeda mengingat film horor "Pengabdi Setan" menjadi box office sampai mencuri perhatian dunia internasional. 

1. "Danur"

"Danur" hadir bak membuka gerbang bagi film horor Indonesia. Film yang dirilis 30 Maret lalu ini berhasil meraih sukses, disaksikan nyaris 3 juta penonton, dan berada di peringkat ke-3 dalam daftar Film Terlaris Indonesia 2017. Dibintangi Prilly Latuconsina, "Danur" mengungkap kisah Risa Sarasvati, PNS sekaligus penulis buku yang dapat berkomunikasi dengan makhluk tak kasat mata. Kisah dirinya yang sejak masih muda berteman dengan hantu Peter cs tertuang dalam film "Danur". 

Menyusul kepopuleran film pertama, MD Pictures pun menyiapkan sekuel yang diberi judul "Danur 2: Maddah". Film ini sudah mulai syuting dan direncanakan bisa tayang pertengahan 2018 mendatang. 

2. "Jailangkung"

Selanjutnya adalah "Jailangkung". Judulnya memang klasik, tapi justru karena itu film yang Amanda Rawles ini banyak diminati penggemar horor. Rilis 25 Juni 2017, "Jailangkung" menyusul perolehan jumlah penonton "Danur". Selama penayangannya, film garapan Rizal Mantovani ini disaksikan setidaknya 2,1 juta penonton. 

Sebagai tambahan informasi, "Jailangkung" bukan merupakan sekuel ataupun reboot dari film berjudul sama yang dibesut Jose Poernomo dan Rizal Mantovani pada 2001. Meski masih mengangkat tema boneka pemanggil arwah, film kali ini dikemas lebih modern dan menakutkan. Sudah nonton, belum? 

3. "The Doll 2"

Kisah menyeramkan dalam film "The Doll 2" juga sama-sama meraih hasil mengesankan. Dibintangi Luna Maya dan Herjunot Ali, selama penayangannya, film ini disaksikan total 1,2 juta penonton. Sampai berita ini diturunkan, "The Doll 2" tercatat masih berada di 10 besar Film Terlaris Indonesia 2017. 

Film "The Doll 2" sendiri mengisahkan suami-istri yang kehilangan anak semata wayang mereka. Setelah kejadian itu, mereka yang diperankan Luna dan Junot mengalami teror hantu mengerikan yang merasuki boneka Sabrina. Di samping itu film ini dibuat sebagai sekuel dari "The Doll" Denny Sumargo dan Shandy Aulia. 

4. "Hantu Jeruk Purut Reborn"

Bukan hanya rilisan baru, film lawas yang didaur ulang juga menambah padat layar bioskop di Tanah Air. Sebut saja "Hantu Jeruk Purut Reborn" yang versi anyarnya juga masih dibintangi Sheila Marcia dan Angie "Virgin". Disebutkan sebelumnya, film ini sebagian besar syutingnya mengambil lokasi di kuburan dan tak banyak menampilkan efek visual. 

5. "Pengabdi Setan"

Nah, ini dia yang sangat digandrungi semua kalangan. "Pengabdi Setan", film remake dari karya lawas berjudul sama garapan Joko Anwar ini meraih sukses di luar ekspektasi. Dilabeli sebagai Film Horor Terlaris Sepanjang Masa, "Pengabdi Setan" menjaring lebih dari 4 juta penonton selama penayangannya. Film ini bahkan juga dirilis di luar Indonesia, total di 42 negara termasuk Eropa dan Amerika. Tak cukup sampai di situ, sederet penghargaan dari sejumlah ajang penghargaan pun diraih dari berbagai kategori. 

6. "Ruqyah: The Exorcism"

Kisah urban legend lainnya juga dihadirkan dalam film "Ruqyah: The Exorcism". Film ini dibintangi oleh Celine Evangelista yang melakoni berbagai adegan menguras tenaga di tengah dirinya sedang hamil saat syuting. Jumlah penontonnya memang tak terlalu memuaskan, namun "Ruqyah" patut diperhitungkan karena kabarnya film ini memuat kisah nyata yang pernah dialami sendiri oleh salah satu artis Tanah Air yang tak disebutkan namanya. Benarkah? 

7. "Mereka yang Tak Terlihat"

Berikutnya, film "Mereka yang Tak Terlihat" yang bercerita tentang seorang gadis indigo. Dibintangi oleh Sophia Latjuba dan Estelle Linden, film ini sempat meraih rekor MURI saking banyaknya menghadirkan cameo pemeran hantu. Rekor tersebut yakni Film Horor dengan Pemeran karakter Makhluk Astral Terbanyak. Sayang, film ini tak mampu masuk dalam daftar 15 besar film berpenonton terbanyak di Indonesia. 

8. "Gasing Tengkorak"

Senada dengan "Jailangkung", pada 2 November 2017 film lain berjudul "Gasing Tengkorak" hadir. Bedanya adalah "Gasing Tengkorak" mengangkat kisah menyeramkan dari legenda Minang. Film ini dibintangi oleh Nikita Willy yang berperan sebagai seorang selebriti ternama yang berlibur di sebuah villa, tetapi malah diteror hantu. Namun sayang, nama besar Nikita Willy sebagai aktris sinetron tak bisa melambungkan "Gasing Tengkorak". 

9. "Keluarga Tak Kasat Mata"

Satu lagi film horor yang diangkat dari kisah nyata tayang 2017 ini. Adalah "Keluarga Tak Kasat Mata" yang ceritanya amat populer di kalangan netter di Kaskus. Cerita hantu dalam film itu diambil berdasarkan pengalaman pribadi penulis bernama Genta. Film yang dibintangi oleh Deva Mahenra dan Aura Kasih itu tercatat disaksikan 714.797 penonton selama penayangannya. 

10. "Mata Batin"

Terakhir yaitu "Mata Batin" yang dibintangi Jessica Mila. Tak disangka film ini termasuk laris dan diminati banyak penggemar horor. Tayang sejak 30 November 2017, "Mata Batin" ditonton sekitar 1,2 juta penonton. Film ini sendiri mengisahkan tentang kakak beradik yang dibuka mata batinnya hingga mereka dapat melihat dan berkomunikasi dengan makhluk halus. Siapa sangka kelebihan itu berubah menjadi sesuatu yang berbahaya bagi hidup mereka. [wk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

5 Trik Kecil untuk Tabung Uang Lebih Banyak
Kamis, 15 Nov 2018 | 10:16 WIB
5 Trik Kecil untuk Tabung Uang Lebih Banyak
46 Ribu Rumah di Lebak tak Layak Huni
Kamis, 15 Nov 2018 | 09:12 WIB
46 Ribu Rumah di Lebak tak Layak Huni

KOMENTAR

'Pengabdi Setan' Jadi Primadona, Ini Deretan Film Horor Indonesia 2017

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top