Rabu, 03 Juni 2020 |
Kesehatan - News Gallery - Lifestyle

Penderita Trypophobia Pun Bisa Takut Akan Busa Kopi

Sabtu, 15 Jul 2017 | 01:02 WIB Dibaca: 766 Pengunjung

Busa kopi.*

[NEWSmedia] - Trypophobia merupakan fobia yang muncul dalam diri seseorang ketika mereka melihat lubang-lubang yang saling berdekatan di permukaan yang sama. Umumnya fobia ini muncul saat mereka mendapati lubang yang muncul di dinding, telapak tangan (pori-pori kulit), atau bahkan gambar sebuah sel.

Dan uniknya, fobia ini juga akan muncul bagi sebagian penderita trypophobia yang melihat buih atau busa di atas sajian kopi. Bagi mereka gelembung ini terlihat menakutkan serta menimbulkan kegelisahan.

Lalu kenapa orang bisa menderita trypophobia? Hal ini terkait dengan sejarah evolusioner yang mengkaitkan kumpulan berbentuk bulat ini seperti penyakit menular dan parasitisme seperti cacar, campak, rubella, dan penyakit membahayakan lainnya sehingga muncul kekhawatiran tersebut.

"Sekarang para penderita trypophobia mengidentikkan bentuk bulat tersebut seperti corak pada hewan beracun seperti ular atau hewan melata lainnya. Itulah sebabnya mereka merespon dengan ketakutan saat bulatan bulatan kecil itu terlihat mata," terang penelitian yang di dapatnya.

"Hal ini berlaku sama saat mereka melihat busa kopi. Rasa takut ini sampai membuat mereka enggan untuk menyantap sajian kopi yang disediakan." [mdk]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Penderita Trypophobia Pun Bisa Takut Akan Busa Kopi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top