Minggu, 22 April 2018 |
News Room - Banten Memilih

Pendekar Cilegon Dapat Amanat Dari ‘Wali Sepuh’ untuk Jaga WH-Andika

Senin, 05 Des 2016 | 22:09 WIB Dibaca: 1383 Pengunjung

Calon Wakil Guberur Banten Andika Hazrumy saat bertemu pengurus peguron silat di Kota Cilegon, Minggu (4/12/2016).*

CILEGON, [NEWSmedia] - Suasana penuh haru terjadi di kediaman Abah Jamhari, tokoh pendekar Banten yang tinggal di wilayah Kota Cilegon saat kedatangan Calon Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Minggu (4/12/2016).

Dalam pertemuan tersebut, Abah Jamhari yang juga mengundang puluhan Ketua Paguron di Kota Cilegon meminta seluruh anggotanya bersatu padu untuk mengawal kemenangan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten nomor urut 1, Wahidin Halim-Andika Hazrumy pada Pilgub Banten 2017.

“Tak hanya kemenangan yang akan kita kawal, tetapi juga keamanan,” kata Abah Jamhari yang juga Ketua Himpunan Pendekar Persilatan Banten (HPPB) Kota Cilegon.

Sebagai pesilat, lanjut Jamhari, para pengurus peguron mengaku terpanggil untuk melanjutkan silaturahmi yang sudah dibangun dengan kakek dari Andika Hazrumy.

“Almarhum abah Chasan Sochib merupakan tokoh pendekar Banten yang baik. Beliau meletakan nilai-nilai silaturahmi yang kuat bagi para pesilat di Banten,” tutur Jamhari.

Ia juga mengungkapkan, dukungan penuh kepada WH-Andika juga merupakan amanat terakhir Wali Sepuh (almarhum Tb Aat Syafaat) beberapa hari sebelum wafat. Menurut Jamhari, mantan Wali Kota Cilegon itu mengatakan bahwa Andika merupakan keluarga besar pendekar Banten yang harus dibela dan dijaga, terutama pada pemenangan Pilgub Banten mendatang.

“Sebagai pesilat, kami tidak hanya bicara di forum. Kami akan bergerak di lapangan, menurunkan ribuan anggota kami untuk mengawal suara pasangan nomor 1,” ucapnya.

Keputusan dukungan terhadap WH-Andika diberikan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan HPPB Kota Cilegon. Dari kedua organisasi itu, ada 165 peguron yang bergabung, di antaranya, Silat Bandrong, TTKKDH, Terumbu, Merpati Putih dan Patingtung dan lebih dari 100 peguron lain.

“Dari ratusan paguron tersebut, anggotanya mencapai ribuan orang. Saat ini yang hadir Ketua Paguron atau perwakilannya. Dan pendekar Banten di Cilegon solid, tidak bercerai-berai  dalam mendukung pasangan WH-Andika. Sekali lagi, ini amanat wali sepuh dan almarhum abah Chasan Sochib yang menitipkan mempererat silaturahmi kepada keluarga beliau,” kata Jamhari, menegaskan.

Ia berharap, Andika Hazrumy dan Wahidin Halim selalu mendapat simpatik masyarakat Banten. Jika diberi amanah memimpin Banten, Jamhari meminta WH-Andika untuk melestarikan identitas Banten, yakni pencak silat.

“Di mata kami, Wahidin-Andika pemimpin yang sabar, dan bisa betul-betul mengemban amanah dan bermanfaat buat masyarakat Banten. Kami sangat yakin, di bawah kepemimpinan keduanya, pembangunan Banten akan terus  dilanjutkan, dan akan meningkat lebih maju dan pesat dari sekarang ini," tuturnya.

Sementara itu, Andika Hazrumy mengaku sangat berterima kasih atas dukungan dari peguron silat. Ia juga sangat bersyukur sahabat-sahabat kakeknya dan para pendekar Banten terus memperpanjang silaturahmi.

“Di rumah masih ada foto Abah Jamhari bersama kakek saya (Tb Chasan Sochib). Di foto itu Abah Jamhari masih sangat muda. Terima kasih atas silaturahmi yang terus dibangun. Insya Allah saya akan menjalankan amanat abah dan jejak bunda untuk terus memperpanjang silaturahmi,” kata Andika.

Pada momentum penuh haru itu juga, Andika mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas dedikasi Abah Jamhari dan sesepuh dalam menjaga warisan budaya dan tradisi seni pencak silat Banten, khususnya di Kota Cilegon.

“Kami patut berbangga dan berterima kasih kepada Abah Jamhari dan sesepuh lainnya yang konsisten menjaga warisan budaya Banten,” kata Andika.

Pantauan wartawan, pertemuan Andika Hazrumy dengan sesepuh pendekar Banten dan ketua Paguron di Kota Cilegon berlangsung penuh haru. Berulangkali harapan doa saling bersambutan di antara keduanya. Bahkan bagi para pesilat ini pasangan WH-Andika sudah menjadi gubernur dan wakil gubernur Banten.

Pada pertemuan itu juga, Abah Jamhari sempat memperlihatkan golok terbesar kedua setelah Golok Ciomas, yakni sepanjang 5 meter dengan diameter 40 sentimeter dengan berat lebih dari satu ton. Gagang Golok Cilegon tersebut berbentuk macan.

“Hingga saat ini masih proses finishing. Golok Cilegon ini akan dihibahkan untuk Pemkot Cilegon, dan di-launching 2017. Insya Allah akan diresmikan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, Wahidin Halim-Andika Hazrumy,” ujarnya. [bud]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pendekar Cilegon Dapat Amanat Dari ‘Wali Sepuh’ untuk Jaga WH-Andika

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top