Rabu, 02 Desember 2020 |
News Room - Hukum

Penanganan Kecelakaan Lalulintas Terbaik Diraih Polda Banten

Rabu, 28 Mar 2018 | 21:18 WIB Dibaca: 726 Pengunjung

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo memegang piagam penghargaan dari Korlantas Mabes Polri. (Foto: Ist)

SERANG, [NEWSmedia] - Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Banten  mendapat Apresiasi dari Korlantas Mabes Polri terkait Program Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas selama triwulan pertama di tahun 2018.

Direktur Lalulintas Polda Banten, Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo mengatakan, apresiasi tersebut diberikan Korlantas Mabes Polri kepada Ditlantas Polda Banten dalam bentuk penghargaan Program Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas terbaik ke III Se-Indonesi untuk Zona A2.

“Ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri untuk Satuan Polisi Lalu Lintas Polda Banten, namun hal tersebut tidak akan menjadikan kita merasa cukup puas. Pastinya kita akan terus melakukan yang lebih baik lagi dengan memberikan pemahaman dan pelatihan rutin terhadap seluruh anggota Polantas Serta Pejabat Lalu Lintas lainnya di setiap Polres di wilyah hukum Polda Banten,” kata Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo saat ditemui di Mapolda Banten, Rabu (28/3/2018).

Ia menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan, lantaran rutinitas Ditlantas Polda Banten bersama Satlantas Polres jajaran, melakukan kegiatan secara langsung dan menyentuh kepada permasalahan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda Banten.

"Kita lakukan peningkatan kemampuan personil Laka Lantas melalui Pelatihan TPTKP Laka Lantas, Olah TKP Laka Lantas, pertolongan pertama pada gawat darurat, peninputan data Laka Lantas secara online (IRSMS) serta pelatihan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang kerap dilakukan setiap minggunya," jelasnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan data laka lantas pada triwulan pertama di tahun 2017 dengan triwulan pertama tahun 2018 terjadi penurunan, yaiu sebanyak 77 kejadian atau sebesar  19,4 persen, korban laka berat yang turun sebanyak 48 orang atau sebesar 55,7 persen, korban laka ringan turun sebanyak 36 orang atau sebesar 8,8 persen dan korban meninggal dunia yang turun sebanyak 13 orang atau sebesar 7,3 persen.

“Kami menghimbau kepada seluruh pengendara untuk tidak melanggar lalu lintas, sebab sebagian besar kecelakaan terjadi akibat pengendara yang melanggar lalu lintas,” pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Penanganan Kecelakaan Lalulintas Terbaik Diraih Polda Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top