Sabtu, 25 November 2017 |
News Room

Penampakan Terkini Proyek 'Skytrain' Bandara Soekarno-Hatta

Minggu, 26 Feb 2017 | 07:01 WIB Dibaca: 846 Pengunjung

Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta.

[NEWSmedia] - Pembangunan proyek infrasyruktur skytrain Bandara Soekarno-Hatta masih berjalan. PT Angkasa Pura (AP) II menargetkan pembangunan fase pertama selesai pada bulan Juni 2017.

Progres pengerjaan pembangunan Fase pertama atau lintasan kereta yang menghubungkan antara terminal 2 dan terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta itu telah mencapai 60%.

Dari pembangunan tersebut, tampak pilar atau tiang penyangga untuk rangkaian jalur elevated sudah kokoh berdiri. Walau belum sepenuhnya, namun beberapa jalan yang akan menjadi track kereta pun juga tampak sudah terpasang dan terhubung.

Dengan ketinggian jalur sekitar 6-7 meter di atas jalan raya itu masih terus dikerjakan. Beberapa alat berat pun diturunkan dan siap merangkai jalur kereta tanpa awak tersebut.

Menurut Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, jalur tersebut nantinya akan dilewati oleh tiga unit trainset, dengan masing-masing trainset memiliki dua buah gerbong penumpang yang bisa berlari hingga 60 kilometer/jam.

"Skytrain ini dilengkapi sistem Automated Guideway Transit (AGT) dengan ban karet yang dilengkapi pengarah dan berpenggerak sendiri atau self propelled. Kecepatan operasi skytrain ini dapat mencapai 60 km/jam," kata dia kepada dtf, Sabtu (25/2/2017).

Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan dibangun skytrain ini ialah untuk mempermudah penumpang berpindah antar terminal, serta untuk menghubungkan setiap terminal ke stasiun kereta bandara. Selain itu penumpang juga dapat mempunyai kepastian waktu dalam menempuh jarak antar terminal.

Bahkan kata dia, pengunjung Bandara Soekarno-Hatta dapat dengan mudah mengetahui jadwal dari skytrain dengan menggunakan aplikasi Indonesia Airport yang dapat di akses melalui smartphone. Yang terpenting, penumpang pun dapat dengan gratis menggunakan moda transportasi antar terminal ini dengan cuma-cuma.

"Nanti (jadwal skytrain) bisa diakses di mobile apps Indonesia Airports. Masyarakat bisa menggunakan fasilitas ini semua dengan gratis," tutupnya. [dtf]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Sabtu, 25 Nov 2017 | 07:02 WIB
HET Tak Efektif Turunkan Harga Beras
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram
Jumat, 24 Nov 2017 | 07:03 WIB
Harga Emas Naik Menjadi Rp626 Ribu per Gram

KOMENTAR

Penampakan Terkini Proyek 'Skytrain' Bandara Soekarno-Hatta

BERITA TERKAIT

Top