Jumat, 18 Januari 2019 |
News Room - Pariwisata

Pemulihan Sektor Pariwisata di Banten Pasca Tsunami Ditarget 3 Bulan

Jumat, 11 Jan 2019 | 15:18 WIB Dibaca: 108 Pengunjung

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Wagub Banten Andika Hazrumy saat Rakor Pemulihan Sektor Pariwisata Selat Sunda di Hotel Marbella Anyer, Kabupaten Serang, Jumat (11/1/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan pemulihan kawasan wisata yang terkena dampak Tsunami Selat Sunda akan selesai dalam tiga bulan.

Menurutnya, setelah masa pemulihan selesai, selanjutnya adalah masa normalisasi yang ditargetkan akan selesai dalam kurun waktu sembilan bulan.

"Aksi pemulihan akan berlangsung dalam tiga bulan yaitu sejak 11 Januari sampai 12 April 2019, kemudian akan dilanjutkan dengan program normalisasi pada 9 bulan berikutnya, yakni pada periode 12 April sampai 31 Desember 2019," kata Arief saat Rapat Koordinasi di Hotel Marbella Anyer, Kabupaten Serang, Jumat (11/1/2019).

Arief mengatakan, rapat koordinasi tersebut digelar untuk merencanakan aksi yang difokuskan untuk pemulihan sumber daya manusia (SDM) dan Kelembagaan kepariwisataan, strategi promosi destinasi pariwisata yang tidak terkena dampak, serta pemulihan destinasi pariwisata yang terdampak.

“Di antara rencana aksi pemulihan tersebut perlu ada relaksasi bagi industri pariwisata. Kami telah mengusulkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pihak terkait untuk memberi relaksasi keuangan termasuk cicilan ke bank. Salah satu aksi yang juga dilakukan di Bali dan Lombok ketika terkena musibah bencana gempa beberapa waktu lalu," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy menjelaskan, pihaknya akan melakukan recovery kawasan terdampak bencana tsunami tersebut dengan dibantu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat.

“Jadi kalau untuk Anyer ini yang memang tidak terjadi kerusakan fisik, penataan tata ruang dimaksud belum akan dilakukan. Karena prioritas kita sekarang membangkitkan pariwisatanya dulu,” pungkasnya. [dham]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemulihan Sektor Pariwisata di Banten Pasca Tsunami Ditarget 3 Bulan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top