Kamis, 22 Oktober 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Pemuda yang Punya Banyak Medsos Cenderung Mudah Depresi

Rabu, 28 Des 2016 | 13:23 WIB Dibaca: 741 Pengunjung

foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Peneliti belum lama ini menemukan bahwa depresi kerap dirasakan oleh manusia dewasa yang masih berusia muda. Semakin banyak platform media sosial (medsos) yang digunakan akan semakin membuat depresi.

Analisis ini dipimpin oleh tim dari Pusat Penelitian Media, Teknologi, dan Kesehatan di University of Pittsburgh. Secara khusus, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang dilaporkan menggunakan tujuh sampai 11 platform media sosial, tiga kali lebih mungkin menunjukkan gejala depresi dan kecemasan daripada teman-temannya yang menggunakan nol sampai dua platform. Ini termasuk Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram, Snapchat, Reddit, Tumblr, Pinterest, Vine, dan LinkedIn.

"Asosiasi ini cukup kuat hingga dokter dapat bertanya kepada pasien dengan depresi dan kecemasan tentang beberapa penggunaan platform dan memberikan konseling bahwa penggunaan ini mungkin berhubungan dengan gejala mereka," kata penulis utama dan Dokter Brian A Primack, MD, PhD. "Sementara kita tidak bisa mengatakan dari penelitian ini apakah stres dan orang-orang cemas dari beberapa platform atau apakah sesuatu tentang menggunakan beberapa platform dapat menyebabkan depresi dan kecemasan, dalam kedua kasus hasilnya berpotensi berharga," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah studi, di mana Dokter Primack ikut berpartisipasi, juga menemukan hubungan yang jelas antara penggunaan media sosial dan peningkatan depresi terhadap orang dewasa muda. Untuk penelitian ini, pada 2014, tim mengambil sampel dari 1.787 pengguna berusia antara 19-32 tahun. Mereka menggunakan penilaian depresi kuesioner serta pertanyaan tentang penggunaan media sosial. Mereka juga mengendalikan kontributor potensi depresi dan kecemasan lainnya, seperti ras, jenis kelamin, status hubungan, pendapatan rumah tangga, pendidikan, dan total waktu di media sosial.

Hasilnya, dia mengatakan bahwa ada beberapa penyebab yang membuat pengguna dewasa berusia muda depresi saat menggunakan lebih dari satu media sosial. Yang pertama adalah multitasking, beralih dari satu platform ke yang lainnya telah terbukti mengganggu fungsi kognitif dan mental.

Yang kedua adalah aturan yang berbeda untuk platform yang berbeda dapat membingungkan dan memberikan kontribusi untuk emosi negatif. Yang terakhir adalah adanya potensi malu dari banyaknya media sosial yang digunakan. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemuda yang Punya Banyak Medsos Cenderung Mudah Depresi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top