Jumat, 16 November 2018 |
Tekno

Pemuda Ini Buat Alat Hidupkan Motor Dengan Android

Rabu, 25 Jan 2017 | 13:04 WIB Dibaca: 736 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Dunia otomotif saat ini terus mengalami perkembangan dari dalam hingga luar negeri. Baik itu dilakukan oleh produsen resmi, maupun segelintir orang yang memiliki kemampuan tertentu pada bidang tersebut.

Seperti yang terdapat dalam akun Facebook milik Endie Ef yang diketahui tinggal di daerah Tambun, Bekasi. Pada akun tersebut, pemilik mengunggah beberapa postingan video yang berisi cara menghidupkan kendaraan, tanpa mengontaknya secara langsung.

Semisal dalam satu videonya, terlihat Honda Vario dapat menyala seketika dengan satu kali perintah dari suara seorang pria berbaju merah. Pria tersebut lantas mengatakan 'mesin menyala' atau 'mesin mati' melalui ponselnya. Mirip Jarvis yang ada di film Iron Man.

Pemilik akun Endie Ef mengaku bahwa teknologi yang ia coba sematkan pada kendaraan tersebut merupakan hasil dari kreativitasnya sendiri.

"Iya mas (hasil) tangan sendiri," kata Endie, Senin (23/1).

Endie menerangkan, ada sebuah alat khusus yang dibuatnya dan kemudian diletakan pada motor, yang terkoneksi langsung dengan telepon genggam. 

Kata dia, dirinya hanya membuat alat khusus sebagai penghubung kendaraan dengan ponsel pintar. Untuk aplikasi penghubung sudah tersedia di Playstore.

Menurutnya, alat yang digunakan itu memang biasa digunakan dalam praktik pembuatan robot. Namun, Endie mengaku lebih tertarik jika digunakan kepada kendaraan.

"Jadi alatnya biasa digunakan membuat robotik. Tetapi saya lebih senang diaplikasikan ke kendaraan," ujarnya.

Saat ini Endie sudah mulai memasarkan produknya kepada masyarakat walau belum banyak stok yang sudah dibuat. Mengenai harga, untuk dapat membeli satu paket alat tersebut dikenakan harga sebesar Rp350 ribu, belum ditambah dengan biaya pemasangan.

Tentunya, bila dilihat dengan kreativitas buatan anak bangsa ini dapat meminimalisir pencurian kendaraan yang kerap terjadi. Karena, hanya dengan menggunakan suara dari si pemilik, kendaraan tersebut dapat menyala. [cnn]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemuda Ini Buat Alat Hidupkan Motor Dengan Android

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top