Sabtu, 23 Januari 2021 |
News Room - Pemerintahan

Pemprov Sediakan Ratusan Kios Gratis di Kawasan Banten Lama

Senin, 16 Jul 2018 | 13:50 WIB Dibaca: 691 Pengunjung

Asda II Pemprov Banten, Ino S Rawita saat meninjau pembuatan kios di Banten lama, Senin (16/7/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten menyediakan sebanyak 524 kios yang diberikan secara gratis bagi pedagang kaki lima (PKL) yang berada di kawasan Banten lama.

Asda II Pemprov Banten, Ino S Rawita mengatakan, ratusan kios tersebut diberikan kepada PKL, untuk mendukung proses revitalisasi di kawasan wisata religi tersebut.

"Mudah-mudahan besok selesai dan PKL sudah pindah, bukan diusir, tapi mengganggu kendaraan berat untuk.oroses revitalisasi yang melintas," kata Ini saat meninjau pembangunan kios di Terminal Banten Lama, Senin (16/7/2018).

Ia menjelaskan, pihaknya akan mengundi nomor bagi PKL yang akan menempati kios itu, dengan demikian, pihaknya memastikan tidak ada yang bisa pilah-pilih untuk memindahkan barang dagangannya ke kios tersebut.

"Tinggal diundi , tinggal ngisi dan tidak ada pungutan, kalau ada (pungutan-red) tinggal lapor ke Kapolres," jelasnya yang juga didampingi Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang, Akhmad Benbela mengungkapkan, secara keseluruhan jumlah pedagang di yang berada di kawasan Banten lama berkumlah 700 unit.

"Tapi rencana pemerintah akan membangun 1.000 kios di KPW (kawasan penunjang wisata) baru ada 500, jadi nanti setelah kios yang di depan selesai 2 sampai 3 bulan, mereka (PKL-red) pindah lagi ke sana dan sisa kios yang di depan dilanjutkan awal tahun 2019," ungkapnya.

Tindak Tegas Oknum Jual-Beli Kios

Di tempat yang sama, Kapolres Serang Kota, AKBP Komarudin mengaku, pihaknya akan menindak tegas oknum yang berusaha mengambil keuntungan dari proses revitalisasi tersebut.

"Kita lakukan pengawasan dan penyelidikan yang melekat, jangan sampai ada pihak atau kelompok yang mau mencari keuntungan di sini dengan menjual-belikan tempat," kata Komarudin.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada para pedagang jika ada oknum yang meminta pungutan agar melapor ke pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti.

"Kami mengimbau mepada pedagang kalaj ada oknum yang menarik pungutan, silahkan laporkan ke kami akan kita proses sesuai hukum yang berlaku, agar program penataan Banten lama bisa terealisasi dengan cepat," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Sediakan Ratusan Kios Gratis di Kawasan Banten Lama
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top