Rabu, 28 Oktober 2020 |
News Room - Pemerintahan - Pariwisata

Pemprov Inginkan Penataan Kawasan Banten Lama Dikelola Bersama

Kamis, 06 Jul 2017 | 15:38 WIB Dibaca: 1134 Pengunjung

Masjid Agung Banten.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten sangat serius untuk menata kawasan wisata religi Banten Lama yang selama ini dinilai semrawut. Pemprov berharap agar semua pihak dapat mendukung rencana tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Asda II Provinsi Banten, Ino S Rawita, yang menyebutkan bahwa Pemprov akan mengajak semua pihak untuk duduk bersama membicarakan pengelolaan kawasan Banten Lama tersebut, termasuk Pemkot Serang, DPRD Kota Serang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dari Kenadziran Kesultanan Banten.

"Pak gubernur dan wagub inginnya dua sampai tiga tahun selesai, mudah-mudahan didorong oleh semua pihak, jadi enggak ada yang merasa dirugikan," kata Ino saat ditemui di Bappeda Banten, Kamis (6/7/2017).

Ia mengatakan, meski ada penolakan dari DPRD Kota Serang dan Kenadziran Kesultanan Banten terkait dengan pengelolaan tersebut, ia menilai hal itu hanya kesalahpahaman.

"Jangan dulu komentar ini itu, harus arif kita, jadi jangan sampai ada salah persepsi, siapa aja yang mengelola, yang penting Banten keren, kerjakan aja bersama-sama," katanya

Ia menjelaskan, hasil dari pertemuan dirinya dengan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, langkah awal yang akan dilakukan adalah melakukan MoU dengan beberapa pihak agar pengelolaan kawasan tersebut bisa berjalan dengan baik.

"Harus ada MoU, karena itu payungnya, mungkin MoU juga akan dilakukan dengan Depdikbud, kalau draft-nya selesai, bulan ini bisa diteken," jelasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan untuk pengelolaan kawasan tersebut harus disiapkan Detail Engineering Design (DED) yang akan dibuat oleh tim terpadu yang terdiri dari seluruh elemen, baik Pemkot dan Pemkab Serang, Pemprov Banten maupun dari pusat.

"Nanti Detail Engineering Design (DED) kita buat, kita padukan bersama dan kita bagi kewenangan, sekarang bertahap aja dulu," tukasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin secara pribadi menyambut baik tujuan mulia dari Pemprov Banten, terlepas dari rencana pengelolaan dan penataan Kawasan Banten Lama yang akan diambil alih Pemprov. 

“Namun alangkah baiknya jika penataan Kawasan Banten lama tetap oleh Pemkot Serang karena Banten Lama berada di Kota Serang,” tuturnya.

Namun Subadri berharap, jika Pemprov Banten ingin menata kawasan wisata Banten Lama, bisa dengan cara membantu pendanaan, sedangkan untuk pengelolaannya tetap dipegang oleh Pemkot Serang. [Red/Ahi]

Penulis: Ahi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Inginkan Penataan Kawasan Banten Lama Dikelola Bersama
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top