Rabu, 19 Mei 2021 |
News Adv

Pemprov Banten Upayakan 800 Km Jalan Terpasang Rambu Lalin dan PJU

Jumat, 02 Des 2016 | 19:37 WIB Dibaca: 990 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemerintah Banten akan melengkapi rambu-rambu lalu lintas dan fasilitas penerangan jalan di sepanjang 800 km jalan Provinsi Banten.

Kepala Dishubkominfo Provinsi Banten, Revri Aroes mengatakan, pemasangan rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan umum menjadi bagian yang penting untuk mengurangi risiko kejahatan dan kecelakaan lalu lintas.

Menurutnya, dari 800 kilometer jalan provinsi, saat ini baru 30 persen yang dilengkapi rambu lalu lintas dan penerangan jalan.  Jalan yang kekurangan rambu dan fasilitas penerangan sebagian besar berada di wilayah Banten selatan.

“Kita masih kekurangan anggaran untuk memenuhi kebutuhan itu,” kata Revri Aroes kepada wartawan, Jumat (25/11/2016).

Ia mengungkapkan, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) untuk mempercepat pemasangan rambu-rambu lalu lintas.

Bahkan, bidang perhubungan telah mengajukan anggaran sebesar Rp165 miliar untuk tahun 2017, sehingga percepatan pemenuhan kebutuhan fasilitas tersebut bisa segera dilakukan. Namun, kata Revri, anggaran yang disetujui baru Rp47 miliar.

“Pengajuan anggaran Rp165 miliar itu untuk satu per tiga jalan di Banten. Yang disetujui Rp47 miliar, jauh sekali kurangnya,” tuturnya.

Revri mengungkapkan, pemasangan rambu dan fasilitas penerangan jalan umum yang sebelumnya ditangani Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR), kini telah dilimpahkan ke Dishubkominfo. Seperti marka jalan, rambu-rambu lalu lintas, kaca cembung dan fasilitas di jalan lainnya.

Sekretaris Komisi IV DPRD Banten, Thoni Fathoni Mukson, mengatakan pihaknya memahami Dishubkominfo memiliki target untuk melengkapi rambu-rambu lalu lintas di jalan di Provinsi Banten. Namun, seluruh kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi seluruhnya dalam satu tahun anggaran.

“Sementara ini ditangani sesuai kebutuhan prioritas saja dulu,” kata Thoni, seraya mengatakan, kebutuhan paling prioritas adalah lampu PJU.

“Alat penunjang lalu lintas yang prioritas dipasang di titik-titik rawan kecelakan atau kejahatan, seperti di jalan utama yang sepi dan jauh dari permukiman warga,” sambung Thoni. [adv-kominfo]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Iklan DPRD Banten HUT SMSI
Sabtu, 13 Mar 2021 | 10:52 WIB
Iklan DPRD Banten HUT SMSI
Iklan DPRD Banten Isro Miraj
Jumat, 12 Mar 2021 | 15:17 WIB
Iklan DPRD Banten Isro Miraj

KOMENTAR

Pemprov Banten Upayakan 800 Km Jalan Terpasang Rambu Lalin dan PJU
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top