Senin, 10 Mei 2021 |
News Adv

Pemprov Banten Subsidi Pembangunan Rumah Murah untuk Masyarakat

Selasa, 26 Sept 2017 | 15:27 WIB Dibaca: 1717 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten mengalokasikan subsidi untuk pembangunan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah Banten. Program ini bekerjasama dengan Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi).

Subsidi diberikan Pemerintah Provinsi Banten berupa penyediaan fasilitas umum oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), sehingga pengembang tidak rugi apabila menjual rumah dengan murah. Dengan begitu, harga rumah yang dijual kepada masyarakat pun menjadi terjangkau atau murah.

“Swasta (pengembang) yang bangun rumahnya, kami yang bangun fasilitasnya,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Banten, M Yanuar, Selasa (26/9/2017).

Yanuar mengungkapkan, ada dua zona pengembangan perumahan (tipe rumah sangat sederhana) yang disubsidi Pemerintah Provinsi Banten. Zona pertama yaitu di Tangerang dengan kisaran harga jual rumah maksimal Rp150 juta. Sementara Zona kedua yakni di wilayah Serang dan Kabupaten Lebak, dengan harga jual sebesar Rp135 juta.

Menurut Yanuar, program ini merupakan upaya mendukung program strategis nasional dan menjalankan visi dan misi Gubenur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Andika Hazrumy, untuk membantu masyarakat Banten yang kurang mampu untuk memiliki rumah yang layak.

Masyarakat kurang mampu, kata dia, banyak yang kesulitan untuk mendapatkan rumah, sehingga memerlukan bantuan dari pemerintah. Yanuar menegaskan, perumahan adalah salah satu kebutuhan dasar masyarakat.

Namun di sisi lain, suku bunga bank untuk kredit kepemilikan rumah juga menjadi hambatan. Begitu pun persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat untuk mengajukan KPR, juga tidak mudah. Akan tetapi, Pemprov Banten juga bekerjasama dengan PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida), untuk mengcover masalah jaminan atas pengajuan kredit dari masyarakat Banten kurang mampu yang ingin mendapat rumah.

Pada bagian lain, Yanuar mengatakan, perumahan dan permukiman berdasarkan Undang-undang Nomor 1 tahun 2011 adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas pembinaan penyelenggaraan perumahan dan kawasan pemukiman, pemeliharaan dan perbaikan, pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan dan pemukiman kumuh, penyediaan tanah, pendanaan dan sistem pembiayaan serta peran masyarakat. [adv]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Iklan DPRD Banten HUT SMSI
Sabtu, 13 Mar 2021 | 10:52 WIB
Iklan DPRD Banten HUT SMSI
Iklan DPRD Banten Isro Miraj
Jumat, 12 Mar 2021 | 15:17 WIB
Iklan DPRD Banten Isro Miraj

KOMENTAR

Pemprov Banten Subsidi Pembangunan Rumah Murah untuk Masyarakat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top