Rabu, 14 November 2018 |
News Room - Pemerintahan

Pemprov Banten Rencanakan Bangun 1.000 Perpustakaan

Selasa, 19 Sept 2017 | 17:21 WIB Dibaca: 426 Pengunjung

Gubernur Banten, Wahidin Halim saat diwawancarai, Selasa (19/9/2017).

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten berencana akan membangun 1.000 perpustakaan yang akan ditempatkan di setiap kabupaten kota di Provinsi Banten.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim saat menghadiri acara Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2017 di Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten, Selasa (19/9/2017).

"Saya ingin bangun 1.000 perpustakaan sampai ke desa-desa, dimulai tahun 2018, dimana ada masyarakat yang gemar membaca, di sana kita gerakkan, dimana-mana perlu digerakkan," kata Wahidin.

Ia mengungkapkan, hal tersebut dilakuakan untuk mendobrak minat baca masyarakat Banten, menurutnya, minat baca masyarakat harus dimulai dari hal terkecil, yaitu keluarga,

"Kedepan, kita ingin motor dijadikan perpustakaan keliling, sambil membawa ice cream, jadi anak-anak yang membaca dikasih ice cream, bila perlu, becak juga kita jadikan perpustakaan keliling," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DPK Provinsi Banten, Ajak Moeslim berharap, program 1000 perpustakaan yang diwacanakan oleh Gubernur Banten bisa terlaksana pada tahun 2018.

"Mudah-mudahan 2018, kita akan tindaklanjuti dengan AP (Angkasa Pura-red), nanti pembagiannya proporsional aja, salah satunya dilihat dari tingkat buta aksara dan luas wilayah," pungkasnya.

Pemkab Serang Minta 500 Unit

Menanggapi hal itu, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah meminta kepada Gubernur Banten untuk membangun 500 unit perpustakaan di Kabupaten Serang.

"Mintanya paling banyak, setengahnya lah, karena desa di Kabupaten Serang kan ada 326 desa, target minimal satu desa satu, itu belum bicara ke RW-RW, sasaran kita di kantor desa dan pos kamling," kata Tatu

Ia juga menegaskan, Pemerintah Kabupaten Serang telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai kabupaten literasi, dengan demikian, ia berkomitmen untuk mendorong pembuatan perpustakaan sampai pelosok-pelosok di Kabupaten Serang.

"Kemaren kita dapat penghargaan sebagai kabupaten literasi, ini yang harus ditindaklanjuti, bahkan sampe peloksok dan desa, sekarang kita juga sedang membuat perpustakaan di desa, mudah-mudahan bisa dibantu oleh CSR AP," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Komplotan Curanmor di Serang Diringkus Polisi
Selasa, 13 Nov 2018 | 18:06 WIB
Komplotan Curanmor di Serang Diringkus Polisi
Dua Pejabat Utama Polres Serang Kota Dirotasi
Selasa, 13 Nov 2018 | 14:03 WIB
Dua Pejabat Utama Polres Serang Kota Dirotasi
Peserta yang Lulus CPNS Baru Mencapai 10 Persen
Selasa, 13 Nov 2018 | 12:00 WIB
Peserta yang Lulus CPNS Baru Mencapai 10 Persen

KOMENTAR

Pemprov Banten Rencanakan Bangun 1.000 Perpustakaan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top