Selasa, 17 Juli 2018 |
Pemerintahan - News Adv

Pemprov Banten Mulai Terapkan Laporan Berbasis Teknologi pada SPPD

Selasa, 21 Mar 2017 | 16:08 WIB Dibaca: 568 Pengunjung

Kepala BPKAD Provinsi Banten Nandy Mulya S.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten, terus melakukan upaya untuk memperbaiki pelaporan keuangan Pemprov Banten. Salah satunya adalah dengan menerapkan laporan berbasis teknologi atau elektrik pada surat perintah perintah perjalanan dinas (e-SPPD).

Kepala BPKAD Banten Nandy Mulya S menjelaskan, untuk mempermudah pelaporan anggaran perjalanan dinas luar, Pemprov Banten menerapkan sistem ini sebagai tindak lanjut rencana aksi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pengelolaan keuangan daerah.

“APBD kita ini Rp10,3 triliun, sedangkan aset Rp12,7 triliun. Dan untuk Rp10,3 triliun itu masuk dalam tata kelola fungsi pengelolaan keuangan,” ujar Nandy di ruang kerjanya, Selasa (21/3/2017).

Menurutnya, penerapan e-SPPD juga untuk mempermudah melihat alur mekanisme pencairan dan pelaporan anggaran perjalanan dinas.

“Dari mata rantai alur keuangan pasti ada usulan dari SKPD, usulannya diverifikasi dilihat apakah anggarannya tersedia, sesuai dengan rencana dari SKPD yang dituangkan dalam ROK, kalau ketersediannya ada baru kita terbitkan SPPD,” katanya.

Dengan begitu, kata Nandy, sistem menjadi terpadu sehingga memudahkan dalam pelaporan. Bahkan, program itu bisa mendeteksi jika ada pihak yang mencoba memainkannya atau berniat untuk menyelewengkan. [adv]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Banten Mulai Terapkan Laporan Berbasis Teknologi pada SPPD
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top