Minggu, 11 April 2021 |
News Room - News Adv

Pemprov Banten Komitmen Permudah Layanan Administrasi Kependudukan

Selasa, 14 Nov 2017 | 18:41 WIB Dibaca: 836 Pengunjung

Pembukaan Rapat Koordinasi Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Le Dian Hotel, Kota Serang, Selasa (14/11/2017).

SERANG , [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Le Dian Hotel, Kota Serang, Selasa (14/11/2017).

Kepala Dinas P3AKKB, Sitti Ma’ani Nina menerangkan, rakor yang melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten/Kota tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas database kependudukan yang lebih baik.

“Terwujudnya database kependudukan dan tertib administrasi kependudukan yang dimulai dari tingkat kabupaten kota, provinsi hingga nasional,” kata Nina.

Nina menjelaskan, rakor tersebut juga sebagai upaya DP3AKKB untuk membangun sinergitas antara kabupaten/ kota, provinsi bahkan sampai tingkat nasional.

“Manfaat dari kegiatan ini juga untuk terciptanya kesamaan persepsi aparatur Dukcapil kabupaten/kota dengan provinsi,” ucapnya.

Nina juga menegaskan, pelayanan yang prima terhadap masyaraka, menjadi salah satu program DP3AKKB Provinsi Banten terutama untuk layanan administrasi kependudukan.

“Terwujudnya pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pemerintah daerah melalui peningkatan pelayanan administrasi kependudukan. Kedepan kita akan berlakukan sistem 3 in 1, jadi satu layanan untuk tiga dokumen kependudukan sekaligus,” ungkapnya.

Kepala DP3AKKB Provinsi Banten, Siti Ma'ani Nina dan Kepala Bapenda Provinsi Banten, Opar Sohari (tengah) setelah melakukan kerjasama antar kedua belah pihak.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten, Ranta Soeharta mengatakan, saat ini tingkat keakurasian data kependudukan di Provinsi Banten belum maksimal, sebab menurutnya, administrasi kependudukan menjadi sala salah satu hal yang krusial dan harus segera diperbaiki.

“Tingkat keakurasian datanya Belum akurat 100 persen. Saya berharap kedepan DP3AKKB dan seluruh dinas kependudukan dan catatan sipil dapat segera menyusun kerjasama dengan pihak-pihak terkait pemanfaatan data kependudukan ini guna mendukung sektor pelayanan publik dan ketepatan sasaran perencanaan pembangunan di daerah,” jelasnya.

Ranta juga berharap, masalah administrasi kependudukan tersebut bisa selesai di tahun 2017 ini, terutama untuk perekaman KTP Elektronik.

“Saya mengharapkan pada akhir tahun 2017 ini seluruh masyarakat di Provinsi Banten sudah memiliki NIK, hal ini guna mendukung program Gubernur Banten, yaitu regulasi di bidang pelayanan terutama kesehatan dan pendidikan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga, dilakukan penandatanganan kerjasama antara DP3AKKB dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten terkait dengan pemanfaatan nomor induk KTP (NIK) dan data kependudukan serta KTP Elektronik dalam layanan tugas Bapenda untuk memaksimalkan pendapatan dari sektor pajak. [adv]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Banten Komitmen Permudah Layanan Administrasi Kependudukan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top