Senin, 26 Oktober 2020 |
News Room - Pemerintahan

Pemprov Banten Kawal Percepatan Pembangunan 12 Proyek ‘Pemberian’ Pusat

Senin, 20 Mar 2017 | 20:51 WIB Dibaca: 1293 Pengunjung

Pj. Gubernur Banten Nata Irawan memimpin rapat Forkominda Banten, di kantor Gubernur Banten, Senin (20/3/2017). (Foto: Biro ART Setda Banten)

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten terus mengawal persiapan pembangunan 12 proyek strategis yang akan dilaksanakan pemerintah pusat di Provinsi Banten. Beberapa proyek tersebut yaitu pembangunan Tol Serang-Panimbang, Bandara Banten Selatan serta kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Pembahasan pengawalan percepatan pembangunan 12 proyek strategis nasional di Provinsi Banten dilakukan secara khusus dalam Coffee Morning yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Banten, di kantor Gubernur Banten, Senin (20/3/2017).

Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Gubernur Banten, Nata Irawan bersama unsur Forkompida Banten seperti Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kajati Banten, Ketua Pengadilan Tinggi, perwakilan Korem 064/Maulana Yusuf, Grup 1 Kopasus, KPU dan Bawaslu.

Mewakili unsur pemerintah daerah, hadir Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi dan Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban, serta para pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

Pj Gubernur Banten Nata Irawan mengatakan, pelaksanaan 12 proyek strategis nasional yang berada di wilayah Banten akan dikawal karena masuk dalam program percepatan pembangunan pemerintah pusat.

Beberapa proyek strategis nasional itu antara lain pembangunan tol Serang-Panimbang sepanjang 83,6 km untuk mendukung pengembangan KEK Pariwisata Tanjung Lesung, Pandeglang, kemudian pembangunan tol Serpong-Balaraja sepanjang 30 km, proyek kereta api Bandara Soekarno Hatta-Sudirman dan proyek pembangunan Bandara Banten Selatan, di Kecamatan Panimbang, Pandeglang.

Selain itu, ada juga pembangunan jalan Tol Kunciran-Serpong, serta pembangunan transmisi interkoneksi Sumatera-Jawa, Waduk Sindangheula, Waduk Karian, Terminal LPG  dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

“Dari 12 proyek nasional, kami konsen di Tol Panimbang-Serang, dan catatannya cukup bagus (progres dari Kementerian PU),” kata Nata Irawan kepada wartawan, usai acara.

Nata mengungkapkan, tahun 2017 ini sudah disiapkan anggaran Rp200 miliar dari Kementerian PU untuk melakukan pembayaran pembebasan lahan untuk 80 km yang akan dibangun tol Serang-Panimbang. Pembebasan lahan dibagi tiga tahap, antara Serang-Rangkasbitung, Rangkasbitung-Pandeglang dan Pandeglang-Panimbang. “Tinggal bayarnya kapan dan bulan apa, itu urusan PU,” tutur Nata Irawan.

Selain fokus pada pembangunan Tol Serang-Panimbang, lanjut Nata, Pemprov Banten juga memikirkan proyek nasional lainnya yakni pembangunan Waduk Sindanghela. Untuk pembebasan lahan untuk Waduk Sindangheula, dialokasikan anggaran hingga Rp300 miliar serta pembangunan infrastruktur lainnya.

“Waduk Sindang Heula anggarannya sudah ada, di APBD mendukung itu,” ungkapnya.

Menurut Nata, Pemprov Banten akan membentuk tim untuk percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional tersebut. Tim juga bertugas untuk mengamati dan menyelesaikan dampak permasalahan yang timbul saat pembebasan lahan.

“Kita harus bantu pusat untuk mempercepat pelaksanaan program itu. Diidentifikasi persoalannya, yang mengemuka, umumnya persoalan pembebasan. Nah persoalan ini yang akan dibantu oleh Kejati dan Kapolda jika ada hambatan,” ucapnya.

Nata juga berharap Gubernur dan Wakil Gubernur Banten yang baru nantinya, dapat menjalankan program pembangunan yang sudah disusun sebelumnya berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Saat ini saya hanya melakukan berbagai langkah awal, dan nantinya Gubernur Banten yang baru melanjutkannya,” tuturnya.

Nata mengatakan, proyek strategis ini harus berdampak positif  kepada ekonomi daerah, berimpilkasi terhadap PAD yang tinggi. “Proyek ini pada ahakekatnya dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Banten,” ujarnya. [hms/ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemprov Banten Kawal Percepatan Pembangunan 12 Proyek ‘Pemberian’ Pusat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top