Minggu, 20 Oktober 2019 |
News Room - Pilkada Kota Serang 2018

Pemkot Serang Diminta Layani Hak Pemilih Pemula

Jumat, 23 Mar 2018 | 18:08 WIB Dibaca: 232 Pengunjung

Komisioner KPU Provinsi Banten, Syaeful Bahri setelah acara Sosialisasi Pilkada Kota Serang di Saung Galih, Kasemen, Kota Serang, Jumat (23/3/2018).*

SERANG, [NEWSmedia] - KPU Provinsi Banten meminta kepada pemerintah Kota Serang untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pemilih pemula di Pilkada Kota Serang.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner KPU Provinsi Banten, Syaeful Bahri setelah acara Sosialisasi Pilkada Kota Serang di Saung Galih, Kasemen, Kota Serang, Jumat (23/3/2018).

"Kami meminta kepada KPU Kota Serang dan Pemkot Serang dalam hal ini Disdukcapil Kota Serang untuk jemput bola memenuhi hak masyarakat untuk mendapat KTP dan yang belum ayo kita dorong untuk melakukan perekaman yang masif kepada warga Kota Serang yang sudah punya hak pilih, terutama pemilih pemula," kata Syaeful kepada awak media.

Ia mengungkapkan, para pemilih pemula yang sebagian besar masih duduk di kursi SMA/ sederajat, biasanya tidak mempunyai kesempatan untuk mengurus e-KTP dengan datang ke kecamatan atau Disdukcapil.

"Karena dia (pemilih pemula-red) sekolah senin sampai sabtu, jadi tidak ada kesempatan untuk ke datang ke kecamatan atau ke Disdukcapil, sehingga ada perlu jemput bola dari Disdukcapil untuk melayani pemilih pemula, bisa saja kerjasama dengan sekolah, Disdukcapil datang ke sekolah melakukan perkaman dan pendataan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU nomor 8 tahun 2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara, setiap warga yang mempunyai hak pikih, diwajibkan membawa e-KTP saat hari pencoblosan di Pilkada 2018.

"Karena peraturan KPU sekarang mewajibkan pemilih untuk membawa e-KTP saat pencoblosan, ini yang harus mendapat support dari instansi terkait, karena KPU tidak bisa apa-apa terkait hal ini," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemkot Serang Diminta Layani Hak Pemilih Pemula
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top