Sabtu, 25 Mei 2019 |
News Room - Peristiwa

Solusi Banjir di Perumahan Total Persada, Pemkot Tangerang akan Tinggikan Tanggul Kali Leduk

Senin, 14 Nov 2016 | 17:20 WIB Dibaca: 951 Pengunjung

Warga Total Persada Tangerang mengungsi di GOR.*

[NEWSmedia] - Pemerintah Kota Tangerang akan meninggikan tanggul Kali Ledug sebagai solusi mengatasi banjir di Perumahan Total Persada, Kelurahan Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya akan menambah penguatan tanggul dengan menambah sheet pile atau dinding turab setinggi 1,5 meter. Sebab, tanggul setinggi 3 meter yang ada saat ini selain rembes, juga sudah tidak bisa mencegah air yang meluber ke perumahan ketika hujan deras.

"Kita anggarkan Rp 31 miliar untuk program penambahan sheet pile pada tanggul dari mulai ujung Kali Ledug hingga Perumahan Alamanda," kata Arief, saat meninjau banjir di Total Persada, Senin (14/11/2016).

Selain itu, juga akan dibangun pintu air. Nantinya, air di Kali Ledug akan di pompa ke Kali Cirarab untuk mencegah banjir.

"Sekarang kan air balik dari Cirarab ke Kali Ledug karena air banyakan dari Cirarab," kata dia.

Arief juga meminta Pemprov Banten menormalisasi Situ Bulakan, Kecamatan Periuk, yang menjadi kewenangan mereka. Situ Bulakan memang berada tak jauh dari perumahan Alamanda maupun Total Persada, dimana situ tersebut jadi penampungan air bagi perumahan sekitarnya.

"Itu kan aset Provinsi. Terakhir dinormalisasi itu 2008, kita berharap dinormalisasi lagi," ujar Arief.

Kabid Sumber Daya Air Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang M Taufik mengatakan, penambahan sheet pile ini dilakukan pada tanggul sepanjang 1 Km menjadi setinggi 4,5 meter.

Menurut dia, selama ini yang menyebabkan banjir lantaran posisi rumah warga lebih rendah bila dibandingkan dengan daratan kali yang ada di sebelahnya.

"Muka air banjir di Kali Ledug saat ini +9 meter di atas permukaan laut sedangkan posisi rumah warga +7, kita kejar + 8,7. Jadi kita tambah 1,5 meter tingginya," kata dia.

Proyek penambahan ketinggian tanggul ini merupakan program multiyears. Saat ini sedang masuk tahap lelang dan ditargetkan segera dikerjakan tahun ini.[05]

Penulis: Lpt
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Solusi Banjir di Perumahan Total Persada, Pemkot Tangerang akan Tinggikan Tanggul Kali Leduk
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top