Rabu, 23 Agustus 2017 |
News Room - Pemerintahan

Pemkot Cilegon Permudah Umat Kristiani Dapatkan Akta Perkawinan

Sabtu, 10 Sept 2016 | 11:12 WIB Dibaca: 501 Pengunjung

Kepala Bidang Catatan Sipil pada DKCS Kota Cilegon, Yaya Samdia memperlihatkan surat perjanjian kerjasama dengan pengurus HKBP Maranatha Cilegon tentang Pencatatan Akta Perkawinan.*

CILEGON, [NEWSmedia] – Pemerintah Kota Cilegon mempermudah umat Kristiani untuk mendapatkan akta perkawinan yang sah dari negara. Selama ini, pasangan suami istri yang beragama Kristen hanya memiliki surat pemberkatan nikah dan tidak tercatat oleh pemerintah.

Kemudahan pelayanan pembuatan akta perkawinan bagi umat Kristiani di Kota Cilegon tertuang dalam perjanjian kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Pemerintah Kota Cilegon dengan pengurus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Maranatha Cilegon tentang Pencatatan Akta Perkawinan.

Kepala Bidang Catatan Sipil pada DKCS Kota Cilegon, Yaya Samdia, mengatakan, perjanjian kerjasama dengan Nomor: 474.2/633/DKCS/2016 dan Nomor: 053/R.1H-2/D.XXI/HKBP/2016 itu dilakukan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan dan kepemilikan dokumen kependudukan, khususnya dalam pelayanan Akta Perkawinan bagi penduduk Kota Cilegon yang beragama Kristen.

“Selama ini, umat kristiani kan kalau menikah di gereja dan dinikahkan oleh seorang pendeta atau pastur, lalu setelah menikah hanya dibuat surat pemberkatan nikah saja, tanpa adanya akta perkawinan. Dan yang mengajukan permohonan akta perkawinan hanya dari pihak pengantin, bukan dari pihak gereja dan tanpa disahkan oleh negara,” kata Yaya Samdia.

Dengan adanya perjanjian kerjasama itu, pihak gereja bisa mengajukan permohonan pembuatan akta perkawinan untuk umat kristiani yang melakukan pernikahan. “Jadi, umat kristiani setelah menikah dapat tercatat di catatan pemerintah melalui akta perkawinan. Itu juga dapat memudahkan permohonan pembuatan akta kelahiran,” imbuhnya. [Dim/02]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Redaktur-02
Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Pemkot Cilegon Permudah Umat Kristiani Dapatkan Akta Perkawinan
Top