Minggu, 22 Oktober 2017 |
News Room - Kesehatan

Pemkot Cilegon dan BPJS Buat Nota Kesepahaman

Kamis, 27 Apr 2017 | 10:45 WIB Dibaca: 494 Pengunjung

Direktur PP BPJS Kesehatan, Mundiharno saat menerima icon landmark Kota Cilegon dari Wali Kota Cilegon, Iman Aryadi di Halaman Kantor Pemkot Cilegon, kamis (27/4/2017).*

CILEGON, [NEWSmedia] - Untuk mensukseskan penerapan program JKN-KIS di Kota Cilegon, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperkokoh sinergitas dengan Pemerintah Kota Cilegon melalui penandatanganan nota kesepahaman.

Direktur perencanaan dan pengembangan BPJS Kesehatan, Mundiharno mengatakan, Pemerintah Daerah menjadi tulang punggung implementasi program strategis nasional, salah satunya adalah program JKN-KIS.

"Dukungan dan peran serta Pemda sangat menentukan optimalisasi program JKN-KIS, peran penting itu diantaranya memperluasnya cakupan kepesertaan, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan peningkatan tingkat kepatuhan," kata Mundiharno, di halaman Pemkot Cilegon, Kamis (27/4/2017).

Ia mengatakan, ruang lingkup nota kesepakatan tersebut mencakup optimalisasi percepatan layanan pendaftaran peserta, kemudahan pembayaran iuran, serta perluasan informasi bagi peserta JKN-KIS di titik layanan setiap kecamatan.

"Karena memperoleh jaminan kesehatan adalah hak dasar setiap warga negara yang tidak boleh ditunda," terangnya.

Ia menambahkan, pertumbuhan peserta program JKN-KIS terbilang cukup pesat, memasuki tahun keempat, pengelolaan jaminan kesehatan dengan jumlah peserta JKN-KIS mencapai 176.797.820 jiwa (per 20 April 2017) atau hampir 70 persen dari total penduduk Indonesia. Dari 514 Kabupaten/ Kota di Indonesia, sebanyak 450 Kabupaten/Kota telah mengintegrasikan Jamkesda ke BPJS Kesehatan.

"Kami sangat mengapresiasi Pemkot Cilegon, kami berharap diakhir 2017 ini seluruh Jamkesda dapat terintegrasi dalam program JKN-KIS, sehingga program ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Serang mencapai 3.409.177 atau 71 persen dari total penduduk 4.795.248 jiwa. Sementara di Kota Cilegon adalah 335.159 peserta dari total penduduk 451.529 jiwa. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemkot Cilegon dan BPJS Buat Nota Kesepahaman

BERITA TERKAIT

Top