Sabtu, 23 Juni 2018 |
News Room - Politik

Pemilu 2019: Tiga Partai Politik di Kota Serang 'Belum Aman'

Jumat, 17 Nov 2017 | 16:34 WIB Dibaca: 437 Pengunjung

Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (17/11/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Sebanyak tiga dari 17 partai politik yang terdaftar di KPU Kota Serang dinyatakan belum aman untuk bisa mengikuti proses Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin setelah menyerahkan berita acara penelitian administrasi keanggotaan kepada partai politik calon peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (17/11/2017).

"Karena berdasarkan verifikasi administrasi di KPU RI, PBB, PKPI dan Partai Republik awalnya tidak lolos dipusat, itu yang sekarang kita pending, waktunya saja yang belum tepat," kata Heri kepada awak media.

Heri mengatakan, hal tersebut dilakukan, lantaran pihaknya baru menerima keputusan Bawaslu RI terkait tiga partai tersebut yang dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya, dengan demikian, dirinya masih menunggu hasil tindak lanjut putusan Bawaslu RI itu.

"Tapi tahapannya sudah kita lakukan, baik verifikasi administrasi ataupun verifikasi faktual, cuma belum kita analisa ke arah sana, kita tidak hitung dulu," jelasnya.

Heri mengungkapkan, untuk 14 parpol lainnya yang dinyatakan aman, namun setelah pihaknya melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual, jumlah dukungannya secara umum berkurang.

"Secara umum, KTP dan KTA ada yang berkurang, hampir semua partai berkurang, karena ada yang misalnya anggota parpol yang meninggal, jadi PNS, atau yang terdaftar di dua parpol, kita tidak bisa menyebut satu persatu, karena jumlah masing-masing parpol berbda-beda," ungkapnya.

Selain itu, Heri juga menegaskan, bagi data parpol yang berkurang dengan data Sipol, pihaknya memberi waktu 14 hari untuk dilakukan perbaikan terhadap data tersebut.

"Perbaikan ini selam dua M, yaitu dari tanggal 18 November sampai 1 Desember 2017, itu masa perbaikannya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemilu 2019: Tiga Partai Politik di Kota Serang 'Belum Aman'
paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top