Rabu, 19 Desember 2018 |
News Room

Pemilu 2019, DPT di Banten Diprediksi Berkurang

Jumat, 14 Sept 2018 | 19:16 WIB Dibaca: 315 Pengunjung

Divisi Program, Data dan Informasi KPU Banten, Agus Sutisna disela-sela Rapat Pelno di Aula KPU Banten, Jumat (14/9/2018) petang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum 2019 di Provinsi Banten diperkirakan akan berkurang antara 24 sampai 25 ribu dari Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Divisi Program, Data dan Informasi KPU Banten, Agus Sutisna disela-sela Rapat Pelno Pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan di Aula KPU Banten, Jumat (14/9/2018) petang.

"Diperkirakan hasil akhir ini sementara kira-kira DPT kita berkurang 24 sampai 25 ribu, itu artinya DPT kita berkurang sekitar 24-25 ribu," kata Agus kepada awak media.

Ia menjelaskan, pengurangan DPT tersebut disebabkan banyak ditemukan pemilih ganda di setiap kabupaten/ kota di Provinsi Banten.

"Penyebabnya data ganda, selain itu ada komponen penambahan setelah data ganda kita hapus ada penambahan pemilih baru yang seharusnya masuk DPT waktu itu belum dimasukkan, tapi sekarang kita sudah masukkan," jelasnya.

Ia menuturkan, pihaknya juga mengakui banyak ditemukan data ganda, namun data ganda tersebut tidak sebanyak dugaan partai politik di Banten yang menduga data ganda itu sebanyak 2,9 juta lebih.

"Betul ada kegandaan, hanya tidak sebesar yang diduga parpol di Banten yang menduga data ganda sebanyak 2,9 juta lebih, tapi setelah dicermati KPU hanya sekiyat 24 sampai 25 ribu," tuturnya.

Meski demikian, ia menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pembaruan terhadap data tersebut sampai menjelang Pemilu 2019.

"Data itu persoalan orang, jadi sangat dinamis, makanya DPT tidak pernah 100 persen sempurna, tapi secara formal rapat hari ini akan menjadi DPT hasil perbaikan artinya sudah jauh lebih baik dan akurat karena kabupaten kota juga sudah melakukan pembersihan itu, yang ganda dihapus, yang blm masuk dimasukkan," pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya KPU Banten telah menetapkan sebanyak 7.437.777 Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Provinsi Banten untuk Pemilu 2019 yang terdiri dari pemilih laki laki 3.757.082 dan pemilih perempuan 3.680.695.

Penetapan rekapitulasi DPS ini berdasarkan hasil rekapitulasi DPS yang sebelumnya dilakukan di tingkat KPU kabupaten/kota di Provinsi Banten. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemilu 2019, DPT di Banten Diprediksi Berkurang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top