Minggu, 24 Maret 2019 |
News Room - Pendidikan

Pemilihan Rektor Untirta 2019, Guru Besar UI Bersaing Dengan 5 Calon Internal

Minggu, 03 Mar 2019 | 10:11 WIB Dibaca: 2833 Pengunjung

6 orang bakal calon Rektor Untirta. (Dari kiri: Agus Ismaya H, Fatah Sulaiman, Ibnu Hamad, Ranthy Pancasasti, Suherman dan Tubagus Ismail.*

SERANG, [NEWSmedia] - Proses pendaftaran Pemilihan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten periode 2019-2023 telah resmi ditutup, Rabu (27/2/19) dinihari pukul 24.00 WIB. Tercatat sebanyak 6 orang yang mengembalikan formulir pencalonan sebagai calon Rektor Untirta.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Untirta, Mas Iman Kusnandar mengatakab, dari 6 orang yang mendaftar, 1 orang berasal dari ekternal, dan sisanya dari internal Untirta. 1 orang tersebut adalah Prof. Ibnu Hamad, Guru Besar FISIP Universitas Indonesia (UI).

Sementara 5 orang yang berasal dari internal Untirta antara lain Dr. H. Agus Ismaya Hasanudin, SE, SH., M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta), Dr. H. Fatah Sulaiman, ST, MT (Wakil Rektor I Bidang Akademik Untirta), Dr. Ranthy Pancasasti, S.Kom., MM. (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta), Dr. Ir. H. Suherman, MM., M.Si (Dosen Fakultas Pertanian Untirta) dan Prof. Dr. Tubagus Ismail, SE., MM. Ak,CA (Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta).

Dari 6 nama yang mengembalikan formulir pendaftaran, selanjutnya akan diverifikasi seluruh dokumen kelengkapan persyaratan.

Menurut Mas Iman, ada persyaratan spesifik bagi pendaftar calon Rektor Untirta, yakni minimal harus PNS dan bergelar doktor dengan jabatan akademik Lektor Kepala.

“Memang lebih spesifik, tidak hanya sebagai PNS, tapi harus bergelar doktor yang memiliki jabatan akademik sebagai Lektor Kepala,” terangnya.

Iman mengatakan, panitia hanya mengawal sampai tahap pendaftaran dan verifikasi dokumen persyaratan. Setelah itu, nama yang lolos verifikasi berkas akan diserahkan ke Senat untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

“Jadi status enam orang ini adalah kandidat bakal calon. (Setelah diteliti dokumen persyaratannya, bisa jadi lolos semua, bisa juga ada yang tidak lolos," ujar Mas Iman.

Iman mengatakan, jika dari 6 pendaftar ternyata yang dinyatakan lolos seleksi administrasi jumlahnya kurang dari 4 orang, panitia akan kembali membuka pendaftaran.

“Jadi berdasarkan Peraturan Senat, calon tidak boleh kurang dari 4 orang,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, proses seleksi administrasi dilakukan sampai 2 Maret 2019. Setelah itu akan ditetapkan Bakal Calon Rektor oleh senat pada Rabu, 13 Maret 2019. Kemudian, 14 Maret 2019 akan diumumkan siapa saja Calon Rektor yang mengikuti pemilihan.

“Pemaparan visi dan misi bakal calon Rektor dijadwalkan dilaksanakan pada Rabu, 10 April 2019,” katanya. 

Sementara itu, Wakil Ketua BEM Untirta, Anwar Baihaki mengatakan, Rektor Untirta yang baru nanti diharapkan bisa mendengar aspirasi mahasiswa.

"Saya mewakili suara mahasiswa ingin Rektor terpilih nanti mampu menampung segala aspirasi kami,” ucap Anwar. 

Menurut dia, aspirasi yang diinginkan mahasiswa di antaranya adalah kebijakan terkait besaran uang kuliah tunggal (UKT). Diketahui, besaran UKT bagi mahasiswa bervariasi dibedakan berdasarkan kelompok, mulai dari Rp500 ribu sampai yang tertinggi Rp7,5 juta per semester.

“Harapan kepada Rektor baru nanti, bisa melakukan penggolongan ulang terkait UKT,“ pintanya. 

Selain itu, kata Anwar, mahasiswa juga ingin dihapuskan pemberlakuan Biaya Pengembangan Institusi (BPIn). 

"Siapapun rektor terpilih saya berharap nantinya akan pro terhadap mahasiswa dan mengkaji ulang kebijakan yang saat ini ada di Untirta," lanjutnya.  

“Kami berharap sekali Rektor yang baru nanti bisa menerima aspirasi dan saran kami. Aspirasi kita ditampung dan dilaksanakan dengan baik. Rektor pro terhadap mahasiswa dan tidak anti kritik. Ketika aspirasi tidak diterima, demo menjadi jalan terakhir,” ujarnya. [adi]

Penulis: Muhammad Adi
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemilihan Rektor Untirta 2019, Guru Besar UI Bersaing Dengan 5 Calon Internal
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top