Minggu, 24 Maret 2019 |
News Room - Politik - Pemerintahan

Pemerintah Segera Tetapkan Hari Nelayan Nasional, HNSI Deklarasi Dukung Jokowi

Senin, 11 Mar 2019 | 19:37 WIB Dibaca: 269 Pengunjung

Ketua Umum Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia  (HNSI), Mayjen TNI Mar (Purn) Yussuf Solichien diwawancara usai deklarasi nelayan dukung Jokowi di GOR Maulana Yusuf, Kota Serang, Provinsi Banten, Senin (11/3/2019).*

SERANG, [NEWSmesia] - Menteri Kooordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah akan segera menetapkan Hari Nelayan Nasional. Penetapan tersebut merupakan tindak lanjut dari aspirasi para nelayan dan bentuk perhatian Presiden Jokowi kepada nelayan.

Demikian hal tersebut diungkapkan Luhut yang ditemui saat acara Deklarasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) mendukung Jokowi-Maruf Amin di Pilpres 2019. Acara deklarasi berlangsung di di GOR Maulana Yusuf, Kota Serang, Provinsi Banten, Senin (11/3/2019).

“(Hari Nelayan Nasional) sudah diusulkan, agar beberapa waktu ke depan supaya segera diumumkan,” kata Luhut didampingi Ketua Umum Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia  (HNSI), Mayjen TNI Mar (Purn) Yussuf Solichien.

Luhut yang pada saat itu hadir dalam kapasitas Ketua Dewan Pengarah Tim Bravo 5 (salah satu Tim Pemenangan Jokowi), mengatakan, penetapan Hari Nelayan Nasional merupakan usulan dari para nelayan.

“Pak Jokowi sudah menyampaikan, tinggal pengumuman resminya saja, apa tanggal 21 Mei atau sebelum itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum HNSI, Yussuf Solichien berharap Hari Nelayan Nasional ditetapkan pada 21 Mei. Alasannya karena Kongres nelayan pertama kali digelar pada 21 Mei, tahun 1973.

“(Pada tanggal 21 Mei 1973) seluruh nelayan mengadakan kongres bersama dan menghasilkan konsensus untuk berjuang yang namanya Himpunan Seluruh Nelayan Indonesia atau HSNI,” terangnya.

Deklarasi Nelayan Siap Memenangkan Jokowi-Maruf

Dalam acara deklarasi, nelayan dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam HNSI sepakat mendukung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin dan memenangkannya di Pilpres 2019.

“Kita yang tergabung dalam komunitas nelayan Jokowi, dengan suara bulat mendukung dan akan memilih pasangan Jokowi-Maruf di Pemilu 2019,” ucap Yussuf Solichien saat membacakan naskah deklarasi.

Kepada wartawan usai deklarasi, Yussuf mengatakan jika Jokowi kembali terpilih menjadi Presiden, pihaknya mengusulkan pendirian Bank Nelayan dan Bulog Perikanan. Menurut dia, usulan tersebut sebagai upaya untuk mensejahterakan nelayan, karena hasil tangkapan nelayan Indonesia bisa diserap di Bulog dan dijual ketika musim paceklik tiba.

“Bank Nelayan dan Bulog Perikanan segera diwujudkan, karena ketika hasil nelayan melimpah, tidak ada pendingin, ikan jadi busuk, tapi kalau ada bulog, semua terserap di bulog dan ketika paceklik bisa didistribusikan ke masyarakat," kata Yussuf.

Ia menyatakan, laut Indonesia merupakan harapan dan masa depan bangsa yang harus dikelola secara profesional dan dijaga kelestariannya. “Untuk mengelola itu, Menteri Kelautan harus punya wawasan yang luas dan peduli terhadap kepentingan nelayan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap kepada pemerintah yang memperhatikan nasib nelayan. Ke depan, ia juga akan mengusulkan ke pemerintah agar melanjutkan pembuatan kapal-kapal yang di atas 30 Gross Ton (GT).

“Nelayan tangkap kita minta pemerintah melanjutkan pembuatan kapal di atas 30 GT yang bisa beroperasi di ZTE, karena sekarang di ZTE setelah kapal maling hilang, (nelayan) tidak ada yang bisa memanfaatkan, hanya terbatas kapal yang diizinkan sampai 150 GT. Ke depan nelayan harus bisa melaut di laut lepas, tidak perlu dibatasi GT nya, di Samudera, Samudera Pasifik, Samudera Hindia dan bila perlu di laut Antartika. Sekarang inj kita hanya jago kandang, antara 5 GT sampai 10 GT,” katanya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemerintah Segera Tetapkan Hari Nelayan Nasional, HNSI Deklarasi Dukung Jokowi
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top