Jumat, 30 Oktober 2020 |
News Room - Pariwisata

Pemerintah Sebar Buku Panduan Protokol Kesehatan Sektor Pariwisata

Senin, 20 Jul 2020 | 09:37 WIB Dibaca: 1308 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyebar buku pedoman protokol kesehatan ke para pelaku usaha di sektor pariwisata. Terdapat empat prinsip dalam pedoman ini yaitu Cleanness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan) dan Sustainable (keberlanjutan) atau disingkat menjadi CHSS.

"Kita menggerakan pelaku usaha dan masyarakat wisata untuk menerapkan prinsip protokol kesehatan dengan istilah CHSS," kata Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu, dalam Talk Show Info Corona bertajuk 'Wisata Aman Covid-19' di Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (19/7/2020).

Diharapkan buku pedoman tersebut bisa mendorong pelaku usaha sektor pariwisata mulai berbenah. Menyesuaikan bisnisnya dengan pedoman yang juga merujuk surat edaran Kementerian Kesehatan.

Buku tersebut juga kata Vinsensius akan segera dirampungkan dan dibagikan secara cuma-cuma kepada para pelaku usaha pariwisata. "Guide book itu akan difinalkan dan dibagikan ke seluruh stakeholder pariwisata untuk berpedoman pada aturan itu," kata Vinsensius.

Beberapa aturan umum dalam buku tersebut yaitu objek wisata hanya boleh dibuka dengan kapasitas 50 persen dari daya tampung. Sehingga antar pengunjung bisa saling menjaga jarak.

Lalu pengunjung dan pelaku usaha atau pegawai objek wisata wajib menggunakan masker. Masker boleh dibuka hanya untuk makan dan minum. Itu pun harus dilakukan dengan cepat.

Anjuran mencuci tangan juga tidak kalah penting. Disarankan baik pengunjung tempat wisata sering mencuci tangan baik menggunakan hand sanitizer atau dengan sabun dan air mengalir.

Terakhir, baik pengelola maupun pengunjung tempat wisata wajib menjaga lingkungan."Plusnya itu adalah menjaga lingkungan supaya tetap sustainable (berkelanjutan)," pungkasnya. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemerintah Sebar Buku Panduan Protokol Kesehatan Sektor Pariwisata
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top