Kamis, 19 September 2019 |
News Room - Banten Memilih

Pembagian 'Sembako Politik' Rano-Embay Dilaporkan ke Bawaslu Banten

Jumat, 17 Feb 2017 | 18:45 WIB Dibaca: 1522 Pengunjung

Paket sembako yang disiapkan relawan Rano-Embay untuk dibagikan ke warga di Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang.*

SERANG, [NEWSmedia] - Tim advokasi pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten, Wahidin Halim-Andika Hazrumy melaporkan pembagian sembako politik yang dilakukan oleh tim pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarief.

“Kami melaporkan adanya pembagian sembako yang dilakukan oleh relawan dari pasangan calon nomor urut dua, Rano Karno-Embay Mulya Syarief,” kata Tim Advokasi WH-Andika, Ferry Renaldy saat melapor ke Kantor Bawaslu Banten, Jumat (17/2/2017).

Ferry mengungkapkan, pembagian sembako politik yang dilakukan oleh tim Rano-Embay melibatkan adik kandung Rano Karno yakni Nurli Karno di daerah Pandeglang, serta oleh relawan Rano-Embay di Kecamatan Kibin dan Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang.

“Di Pandeglang, sembako dibagikan kepada korban banjir, ada gambar Rano-Embay sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. Kami bawa buktinya, foto-foto pada saat adik Rano Karno ikut turun membagikan sembako di situ,” ujarnya.

Relawan Rano-Embay membagikan sembako ke korban banjir di Pandeglang.

Di Kecamatan Kibin dan Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, pembagian sembako politik dilakukan oleh relawan. “Di Kecamatan Kibin, kami bawa bukti foto relawan Rano-Embay sedang melakukan pengemasan paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat. Paket sembako dibawa pakai mobil yang bergambar Rano-Embay," jelasnya.

Sementara di Kecamatan Padarincang, sembako politik dilakukan relawan Jaringan Keluarga Embay Mulya Syarief (Jangkar Emas). Adapun cara yang digunakan untuk membagi sembako politik, kata Ferry, masyarakat diberi kupon untuk ditukarkan dengan paket sembalo ke warung-warung warga yang telah ditentukan.

“Kupon paket sembako tertera stempel Jangkar Emas (Jaringan Keluarga Embay Mulya Syarief). Semua sembako dititipkan ke warung dan warga tinggal tukar kupon dengan sembako,” jelasnya.

Kupon sembako yang dibagikan ke warga Padarincang, Kabupaten Serang.

Menurut Ferry, perbuatan itu melanggar Undang-undang nomor 1 tahun 2015 juncto nomor 10 dan juncto nomor 68 tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah serta Peraturan KPU nomor 12 tahun 2016. Perbuatan tersebut bisa terancam pidana. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pembagian 'Sembako Politik' Rano-Embay Dilaporkan ke Bawaslu Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top