Senin, 20 Januari 2020 |
Pariwisata

Pelesir ke Banyuwangi, Sambangi Tiga Lokasi Wisata Ini

Rabu, 16 Nov 2016 | 17:10 WIB Dibaca: 791 Pengunjung

pariwisata banyuwangi.*

[NEWSmedia] - Terletak di ujung pulau Jawa, nama Kabupaten Banyuwangi memang tidak seharum pulau tetangganya, Bali. Tapi nyatanya, Banyuwangi memiliki sederet lokasi wisata yang bisa disambangi kala tengah menginjakkan kaki di kabupaten dengan slogan The Sunrise of Java ini.

Mendaki Gunung Ijen yang eksotis dengan blue fire-nya, menjejakkan kaki di lembutnya hamparan pasir green bay atau memanjakan mata sambil bersantai menghantar sang surya tenggelam di pantai pulau merah.

Gunung Ijen

Mendengar kata blue fire, tak jarang fikiran langsung tertuju pada Banyuwangi. Ya, ini adalah salah satu magnet yang menarik banyak wisatawan. Pasalnya fenomena alam blue fire hanya bisa dinikmati di dua tempat di dunia, salah satunya di Banyuwangi. 

Untuk menikmati blue fire di gunung atau kawah Ijen, pengunjung harus mendaki sejauh 3 km yang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Pendakian harus dimulai pada dini hari sekira pukul 1 atau 2 agar ketika sampai di puncak Ijen, kobaran si api biru masih terlihat jelas. 

Jika cuaca sedang cerah di puncak Ijen, pengunjung tidak hanya dimanjakan cahaya eksotis dari blue fire tapi juga milky way alias hamparan bintang-bintang sekaligus bisa menikmati sunrise di kabupaten paling ujung pulau Jawa. 

Kawasan ini juga terkenal sebagai tambang belerang jadi banyak gas sulfur tersembur dari perut bumi. Ini bisa jadi pemandangan menakjubkan sekaligus menyesakkan, pasalnya asap san bau belerang akan sedikit mengganggu pernafasan.

Teluk hijau (Green Bay)

Pecinta keindahan pantai rasanya harus menjejakkan kaki di Teluk Hijau atau yang dikenal dengan sebutan green bay. Secara geografis, tempat ini berada di Selatan Banyuwangi.

Untuk tiba di green bay ada beberapa alternatif jalan yang bisa jadi pilihan. Menumpang kapal, menumpang ojek lalu jalan sedikit atau berjalan kaki sejauh 2km melintasi hutan dan pantai sekitar. Tiba di teluk ini, mata akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang membentang dengan garis pantai yang cekung dan tegas.

Ketika tiba di green bay pastinya pengunjung akan langsung tahu kenapa tempat ini disebut green bay. Air laut di tepi pantai terlihat sangat jernih, pantulan biota laut yang terpapar matahari menghasilkan warna hijau alami yang sangat indah dipandang mata. Masih kurang?

Ada air terjun yang siap menambah paket deretan wisata green bay. Tumpahan air tawar ini langsung mengarah ke laut sehingga pengunjung bisa menyaksikan fenomena alam yang mengagumkan. Setiap sudut green bay bisa jadi spot foto yang instagramable, jadi siapkan kamera terbaikmu.

Pantai Pulau Merah

Letih berlari di green bay, saatnya bersantai sambil menikmati semburat senja di pantai pulau merah. Guratan cahaya jingga dan hamparan pasir di bibir pantai pulau merah bisa jadi paduan sempurna menghabiskan hari sebelum kembali beristirahat.

Pantai pulau merah menwarkan pesona luar biasa kala sore menyapa. Jajaran kursi 'malas' siap jadi tempat merebahkan badan kala menyaksikan atraksi alami tenggelamnya sang surya. Sebuah kelapa muda alami tampaknya bisa jadi pelengkap sore yang menyegarkan. [05]

Penulis: Okz
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Destinasi Solo Traveling Terbaik di Tahun 2020
Jumat, 17 Jan 2020 | 18:15 WIB
Destinasi Solo Traveling Terbaik di Tahun 2020
Situs Banten Girang Perlu Perhatian
Kamis, 26 Des 2019 | 17:21 WIB
Situs Banten Girang Perlu Perhatian

KOMENTAR

Pelesir ke Banyuwangi, Sambangi Tiga Lokasi Wisata Ini
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top