Minggu, 24 Januari 2021 |
News Room

Pelabuhan Warnasari Segera Dibangun, Wali Kota: Ini Kebanggaan Rakyat Cilegon

Kamis, 24 Agt 2017 | 18:47 WIB Dibaca: 875 Pengunjung

Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi (kanan) bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau lahan untuk Pelabuhan Warnasari, Kota Cilegon beberapa waktu lalu. (Dok: NEWSmedia)

CILEGON, [NEWSmedia] - Mimpi masyarakat Cilegon untuk memiliki pelabuhan daerah akan segera terwujud. Pelabuhan tersebut diyakini akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cilegon dan berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

Wali Kota Cilegon, Tb Iman Ariyadi mengatakan, ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Kota Cilegon akan digelar pekan depan, tepatnya pada Rabu (30/8/2017) mendatang.

Diketahui, keinginan Pemerintah Kota Cilegon untuk membangun Pelabuhan Warnasari itu sempat tertunda beberapa kali karena alasan teknis. Kini, pelabuhan milik warga Kota Cilegon itu sudah dipastikan terealisasi.

“Ini dipersembahkan untuk masyarakat Cilegon. Insya Allah kalau tidak ada halangan, minggu depan akan dilakukan ground breaking. Pelabuhan ini kebanggaan rakyat Cilegon” kata Iman Ariyadi, Kamis (24/8/2017).

Wali kota mengatakan, acara ground breaking pembangunan pelabuhan tersebut rencananya akan dihadiri Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Sebelumnya, Menhub juga pernah meninjau ke lokasi pada 29 Mei 2017.

“Nanti seperti apa teknisnya (ground breaking) silakan tanya ke Bu Sekda dan PT PCM (Pelabuhan Cilegon Mandiri),” kata Iman Ariyadi.

Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Sari Suryati mengungkapkan, sekitar 5.000 undangan akan hadir dalam acara yang bersejarah untuk Kota Cilegon itu. Mereka yang hadir terdiri dari berbagai elemen masyarakat, muspida dan stakeholder terkait.

“Semua unsur kita undang. Mulai dari unsur pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, unsur Muspida, dan tentu saja aparatur pemerintahan, baik di lingkungan Pemkot Cilegon maupun Pemprov Banten,” kata Sari Suryati.

Menurut Sari, Gubernur Banten Wahidin Halim juga diundang dan akan memberikan kata sambutan dalam kegiatan tersebut. “Iya, dalam jadwal acara ada sambutan dari Pak Gubernur Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Operasional PT PCM, Akmal Firmansyah selaku perusahaan daerah yang akan mengurus teknis pelabuhan mengatakan, persiapan acara ground breaking sudah mencapai 100 persen.

“Saya lagi di lokasi untuk mempersiapkan acara Rabu nanti. Berbagai persiapan sudah kita lakukan dan kami yakin acara akan berjalan sesuai rencana,” kata Akmal, saat dihubungi siang tadi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan telah memberikan persetujuan terhadap rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari, Kota Cilegon. Namun Menhub berpesan agar pelabuhan tersebut bisa dikelola secara bersama-sama antara Pemerintah Kota Cilegon, perusahaan swasta dan PT Pelindo II (Persero).

Pelabuhan yang berada di kawasan industri Krakatau Steel dengan luas lahan seluas 45 hektar itu diharapkan dapat beroperasi pada 2019. [igo/ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pelabuhan Warnasari Segera Dibangun, Wali Kota: Ini Kebanggaan Rakyat Cilegon
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top